Apa Itu Komunikasi Internal dan Eksternal?
Komunikasi merupakan hal penting dalam keberlangsungan pekerjaan. Komunikasi selalu ada, baik sesama karyawan, karyawan dengan atasan, dan juga dengan client.
Apakah anda pernah mendengar apa itu Komunikasi Internal dan Komunikasi Eksternal? Artikel ini akan membahas mengenai apa itu komunikasi internal dan eksternal beserta perbedaannya.
Komunikasi internal
Komunikasi internal adalah interaksi yang terjadi antar sesama anggota perusahaan. Baik interaksi antar karyawan maupun bawahan dan atasan. Komunikasi ini dijalankan untuk mengatur jalannya pekerjaan di dalam perusahaan. Komunikasi jenis ini biasanya yang paling banyak dilakukan oleh HR karena HR bertugas untuk mengatur keberlangsungan kerja karyawan dan mediator antara karyawan dan perusahaan.
Tanpa komunikasi internal, maka sebuah perusahaan tidak akan pernah berjalan. Begitu pula dengan komunikasi yang buruk. Komunikasi yang buruk akan menuntun ke dalam masalah di perusahaan. Jika terjadi miskomunikasi, maka pekerjaan akan terhambat dan menimbulkan masalah.
Komunkasi eksternal
Komunikasi eksternal adalah interaksi yang terjadi antara perusahaan dan pihak luar seperti client atau konsumen. Interaksi ini biasanya dilakukan untuk membuat kesepakatan kerja antara kedua belah pihak.
Selain untuk bekerja sama, komunikasi eksternal juga bisa dilakukan untuk menikan brand awareness dan reputasi perusahaan kepada pihak luar. Perusahaan juga bisa menjalin hubungan dengan pihak luar seperti pers dan media lainnya untuk membantu menaikan citra perusahaan.
Perbedaan komunikasi eksternal dan komunikasi intenal
Sudah jelas bahwa komunikasi internal dan eksternal itu berbeda. Komunikasi internal adalah interaksi yang terjadi di dalam lingkungan perusahaan, sedangkan komunikasi eksternal adalah interaksi yang terjadi di luar perusahaan. Perbedaan lainnya yaitu, komunikasi internal biasanya dilakukan setiap hari seperti meeting atau diskusi mingguan, presentasi, follow up pekerjaan, atau hanya sekedar obrolan ringan di kantor antar karyawan. Konsultasi dengan HR juga merupakan komunikasi internal meskipun hal yang dibahas mungkin bukan soal pekerjaan.
Sedangkan komunikasi eksternal biasanya dilakukan atara karyawan perusahaan dengan orang luar yang berkepentingan. Komunikasi eksternal bisa berupa meeting untuk menjalin kerja sama, tanda tangan kontrak, atau berinteraksi dengan konsumen langsung seperti customer service.
Pentingnya komunikasi internal dan eksternal
Komunikasi internal sangat penting karena ini merupakan cara anggota perusahaan untuk berbagi informasi dan berkooordinasi agar pekerjaan tetap berjalan. Selain itu komunikasi internal juga dilakukan untuk menjalin kebersamaan dan keakraban antar anggota perusahaan. Jika komunikasi internal buruk, maka ini akan mempersulit berjalannya pekerjaan di perusahaan.
Komunikasi eksternal juga penting untuk membangun relasi dengan pihak luar, agar perusahaan dapat berkembang. Selain itu, komunikasi eksternal juga dapat memberikan citra yang baik bagi perusahaan karena mau berkomunikasi langsung dengan client atau konsumen secara langsung.
Setelah membaca artikel ini, apakah anda jadi paham apa itu komunikasi internal dan eksternal? Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak soal dunia HR, Anda bisa membaca artikel lainnya di website Master Kinerja. Ikuti juga berbagai kelas HR yang tersedia di Master Kinerja. Untuk daftar kelas di Master Kinerja, klik di sini!