Pengusaha Digital

Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dan dihormati oleh karyawan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Setidaknya 10 hal berikut ini wajib dimiliki jika ingin menjadi pemimpin yang dapat memotivasi karywannya. Apa saja sifat yang perlu dimiliki untuk menjadi seorang pemimpin yang baik?

10. Memiliki Selera Humor

Apakah Anda termasuk orang yang serius? Jika ya, cobalah mulai sekarang untuk mengubah sikap serius itu menjadi humoris secara perlahan. Walaupun sedikit candaan ketika sedang berbicara dengan karyawan untuk menciptakan suasana lebih ringan.

Rasanya tidak ada karyawan di manapun yang merasa nyaman jika terus menerus bersama dengan pemimpin yang pembawaannya selalu serius. Pemimpin yang baik tahu kapan harus serius dan kapan untuk mendinginkan kondisi dengan lelucon yang basgu.

9. Dapat Membangun Timnya dengan Baik

Sebuah perusahaan bisa meraih kesuksesan apabila para karyawannya dapat bekerja sama dengan baik. Disinilah peran seorang pemimpin akan diuji. Bagaimana cara mereka membangun tim yang baik untuk mencapai kesuksesan bersama.

Mau menjadi pemimpin yang baik? Anda harus lebih dulu belajar bagaimana caranya membangun kekompakkan sebuah tim. Setiap anggota tim pastinya ada hal positif dan negatif. Anda yang berperan sebagai pemimpin harus bisa mengubah hal negatif menjadi positif.

Baca juga: Leading the Winning Team Bootcamp

8. Kreatif

Tidak semua perusahaan akan berjalan lancar-lancar saja. Pasti suatu saat akan mengalami kebuntuan. Lagi-lagi peran seorang pemimpin akan kembali diuji. Untuk bisa memecahkan kebuntuan tersebut dibutuhkan yang namanya ide kreatif.

Seorang pemimpin wajib memiliki kemampuan untuk berpikir dan mengambil keputusan yang tepat dengan cepat. Jika seorang pemimpin tidak memiliki ide kreatif, perusahaan yang dijalankan pasti akan mengalami hambatan.

7. Adil

Sudah jelas bahwa sikap adil itu diperlukan dalam segala hal. Khusus bagi yang saat ini telah menjadi seorang pemimpin atau bahkan yang sedang ingin menjadi seorang pemimpin, sikap adil ini sangatlah penting.

Pemimpin yang adil tahu pekerjaan apa yang sekiranya pantas diberikan pada karyawannya, serta seberapa pantas gaji yang diberikan pada karyawan atas kerja keras yang telah dilakukan. Jika Anda sebagai pemimpin memberikan pekerjaan dan gaji yang tidak sesuai dengan apa yang telah karyawan lakukan. Sudah pasti karyawan akan merasa tidak betah bekerja di perusahaan Anda.

6. Bertanggung Jawab

Seorang pemimpin harus belajar untuk tidak mencari kambing hitam. Di sebuah perusahaan, kesalahan satu bagian adalah tanggung jawab bersama. Karena tiap bagian tentunya memiliki hubungan dengan bagian lain. Melempar kesalahan pada karyawan dan tidak memberikan solusi bukanlan contoh pemimpin yang baik.

NEXT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here