Entrepreneur lahir sebagai solusi atas terbatasnya lapangan pekerjaan. Entrepreneur merupakan pilihan sekaligus akselerator untuk menciptakan lapangan kerja baru. Di era digital, entrepreneur tidak hanya didefinisikan sebagai orang yang membangun bisnisnya sendiri. Ada banyak kasus seorang entrepreneur yang gagal di tahun-tahun pertama mereka memulai bisnis. Bahkan dari 100 orang entrepreneur, hanya 1% yang berhasil selamat pada 5 tahun pertama bisnis mereka.

Banyak ahli yang mendefinisikan entrepreneur sebagai cara berpikir atau sebuah mindset. Berikut ini 11 mindset entrepreneur yang perlu dimiliki oleh setiap entrepreneur yang ingin bisnisnya berkembang:

Baca juga: 4 Kelebihan Digital Marketing dalam Berbisnis di Era Modern

1. Bekerja Tidak Hanya Untuk Uang

Seorang entrepreneur memang membutuhkan uang untuk hidup, tetapi uang bukanlah faktor pendorong utama. Seorang entrepreneur sukses memiliki passion atas pekerjaan mereka. Entrepreneur tidak bekerja untuk mendapatkan uang, melainkan belajar dari pengalaman dan mendapatkan hasil terbaik.

2. Tidak Ragu Untuk Mencoba

Hampir seriap entrepreneur pernah mengalami kegagalan atau melakukan kesalahan fatal. Seorang entrepreneur yang ingin sukses selalu belajar dari kesalahan dan kegagalan serta mengambil pelajaran.

3. Fokus Pada Sebuah Tujuan

Seorang entrepreneur yang berhasil pasti akan fokus pada tujuan utamanya dalam mengelola bisnis mereka. Walaupun mereka dilanda berbagai macam kendala dan tantangan pada bisnisnya.

Baca juga: Bisnis Sukses dengan 7 Strategi Digital Marketing

4. Memiliki Mentor

Tidak ada orang atau entrepreneur yang langsung tahu segala sesuatu tentang bisnis. Anda memerlukan panduan seorang mentor untuk menjadi entrepreneur yang berhasil dan berkembang.

5. Bermimpi Besar dan Mulai Membuat Langkah Kecil

Menjadi seorang entrepreneur harus memiliki mimpi dan visi yang besar. Mereka selalu memulai usahanya dari langkah kecil dan membangun pondasi bisnis yang kokoh.

6. Menentukan Prioritas

Salah satu permasalahan yang dimiliki oleh setiap entrepreneur adalah time management. Banyak hal yang perlu dikerjakan dalam waktu yang singkat, oleh karena itu entrepreneur perlu menentukan prioritas. Mulailah membuat tujuan (goals), membuat rencana (plan) dan rencana kerja (action plan). Fokus untuk mengerjakan satu per satu pekerjaan dari waktu ke waktu serta belajar dari setiap pengalaman.

7. Memiliki Tim yang Solid

Bisnis pada umumnya adalah permainan team bukan permainan single player. Seorang entrepreneur membutuhkan sebuah tim dan bergerak ke arah yang sama, atau satu visi. Team yang solid adalah modal berharga untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah bisnis.

Baca juga: 7 Jurus Jitu Menjaga Kekompakan Tim di Perusahaan Startup

8. Yakin Akan Meraih Sukses

Seorang entrepreneur perlu memiliki keyakinan yang kuat pada dirinya sendiri, kepada anggota timnya, dan pada tujuan bersama mereka. Bersikap optimis dalam dunia entrepreneur sangat diperlukan dengan didukung oleh tim yang solid.

9. Tidak Selalu Berpikir ‘Harus’ Sempurna

Menjadi seorang entrepreneur perlu memiliki batas tingkat prefeksionisme. Karena ada pepatah mengatakan bahwa, ‘Done is better than perfect’. Yang artinya project bisnis yang selesai dilaksanakan tentunya lebih baik, daripada yang tidak diselesaikan sama sekali karena menunggu hingga persiapan yang dinilai dengan kata sempurna.

10. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Seorang entrepreneur adalah orang yang haus akan ilmu. Mereka tidak akan pernah berhenti belajar, mencoba dan memperbaharui pengetahuan serta teknologi. Seorang entrepreneur perlu pembelajaran dan perbaikan yang berkelanjutan, dari bermula sebagai conventional entrepreneur menjadi digital entrepreneur.

Baca juga: Digital Entrepreneur Institute

11. Mampu Menangkap Peluang

Menjadi seorang entrepreneur juga perlu mampu melihat peluang-peluang yang ada dan selalu berusaha melakukan perbaikan. Jika Anda ingin menjadi seorang entrepreneur dan menjalankan startup atau bisnis Anda sendiri, maka “Apa permasalahan yang ingin Anda selesaikan dengan bisnis Anda?”

Semua mindset entrepreneur di atas merupakan sedikit penjabaran dari metode-metode yang akan diajarkan pada Workshop Digital Entrepeneur. Kupas tuntas dan buktikan langsung manfaat perubahan mindset lama Anda dengan pengetahuan baru di bidang Digital Entrepreneur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here