Sebelum membuat tulisan yang mampu menyihir pembaca menjadi pembeli, seorang copywriter tidak bisa hanya sekedar menulis. Semua orang bisa saja menulis, tapi menghasilkan sebuah tulisan yang bisa membantu meningkatkan omset setiap bulan, copywriter perlu memiliki 4 copywriting mindset. Anda tidak bisa membuat konten tulisan yang menjual tanpa memahami hal tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Menguasai Teknik Copywriting di Facebook

Copywriting Bukan Hanya Sekedar Menulis

Ketika Anda membuat konten iklan, Anda perlu membuat tulisan yang mampu menarik minat konsumen. Artinya, Anda harus mampu masuk kedalam pikiran mereka hanya dengan menggunakan kata-kata atau media yang Anda gunakan sebagai iklan, agar ide-ide yang Anda pakai dapat diterima dan mereka bersedia mengambil tindakan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tidak Ada yang Peduli dengan Anda

Manusia adalah makhluk egois, mereka hanya peduli dengan diri mereka sendiri. Jadi, ketika Anda membuat sebuah iklan, usahakan iklan yang Anda buat tidak membosankan. Contohnya memberikan spesifikasi suatu produk yang super detail ke dalam iklan Anda. Konsumen tidak ingin membeli spesifikasi produk, tapi mereka ingin membeli apa yang bermanfaat bagi mereka.

Baca juga: Copywriting Mastery

Lakukan Penjualan Seolah-olah Hanya Kepada 1 Orang Saja

Anda membuat iklan memang untuk menarik sebanyak mungkin pembeli. Tapi ada hal yang perlu Anda pahami. Jangan mengejar penjualan kepada semua kalangan! Fokuskan penjualan Anda pada 1 target persona (rata-rata konsumen yang ideal). Tentukan target Anda siapa (persona) kemudian analisa.

  • Usianya berapa?
  • Lelaki atau perempuan?
  • Sudah menikah atau belum?
  • Kerja dimana?
  • Hobinya apa?
  • Apa masalahnya?
  • Apa yang diinginkannya?

Baca juga: Rahasia Promosi yang Menarik Pembeli

Bahasa Anda Jangan Kaku

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan ringan. Jangan seperti dosen yang menerangkan dengan bahasa ilmiah yang bisa membuat mahasiswanya mengantuk. Seorang copywriter harus bisa membuat tulisan yang seperti berbicara langsung kepada orang lain. Gunakan bahasa sehari-hari yang sering mereka pakai ketika mengeluhkan sesuatu terkait fungsi produk Anda. (repetisi kata dlm satu kalimat..??)

Dari 4 mindset yang sudah dituliskan di atas, dapat disimpulkan, bahwa ada 4 kesalahan paling mendasar dalam copywriting:

  1. Tidak memikirkan apa yang terjadi di pikiran orang lain ketika membaca tulisan Anda
  2. Terlalu fokus dengan diri sendiri
  3. Berbicara kepada orang yang salah
  4. Membosankan dan sulit dipahami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here