Saatnya Kembangkan Strategi Digital Marketing Bisnis Anda di Tahun 2019!

Menjelang tahun baru 2019, bisnis Anda harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi di tahun mendatang. Era digital di tahun 2018 sudah berkembang sangat pesat sehingga bukan tidak mungkin di tahun 2019, perkembangannya akan semakin meningkat drastis.

Anda tidak mau kan jika bisnis Anda masih memiliki mindset yang ketinggalan zaman? Tahun 2019 adalah waktu yang tepat untuk Anda secara penuh ‘pindah’ menuju era digital sehingga bisnis Anda mampu bersaing dengan kompetitor.

Mau besar ataupun kecil, bisnis Anda wajib berubah dan berkembang dengan cepat karena keberhasilan sebuah bisnis saat ini bergantung pada penggunaan teknologi.

Namun, meski adanya tuntutan seperti diatas, rupanya masih banyak perusahaan bisnis yang berjuang dalam mentransisi bisnis mereka ke era digital. Tak sedikit dari mereka pun masih kesulitan mengembangkan keterampilan dari pemanfaatan teknologi yang ada.

Anda tidak perlu khawatir. Beralih ke era digitalisasi tidak sesulit yang Anda alami jika Anda mau mengubah dan mengikuti strategi dibawah ini:

1. Perkuat Performa Tim

Dalam era digital, dasar dalam membangun tim memang tidak akan banyak berubah. Namun Anda tetap harus memastikan bahwa tim Anda harus berwawasan luas, menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan tentunya memiliki pandangan ke depan untuk pengembangan inovasi teknologi.

2. Pelatihan Khusus Tentang Pengembangan Teknologi

Era digital bukan tidak mungkin akan menimbulkan berbagai kesulitan, hambatan dan resiko yang akan dihadapi tim nanti. Anda bisa mengantisipasinya dengan memberikan pelatihan khusus mengenai penggunaan teknologi agar tim dapat memahami, mengantisipasi dan mengelola resiko era digital.

3. Tanamkan “Keterampilan Digital dan Komunikasi”

Teknologi berkembang menuntut kita untuk meningkatkan bagaimana cara kita berkomunikasi. Tim harus dilatih untuk memastikan bahwa mereka fasih dalam penggunaan komunikasi digital dan media sosial. Hal ini akan menuntun tim anda mampu mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial.

4. Merancang Workflow Tim Digital Marketing

Susunlah lajur pekerjaan setiap anggota tim digital marketing mulai dari Copywriting, Social Media Officer, Graphic Design, Web Development dan Sales & Marketing agar pekerjaan dapat terdelegasi dengan tepat dan merata sehingga hasilnya pun akan maksimal karena dikerjakan sesuai urutan pengerjaan.

5. Susun Strategi Digital Marketing

Jika keterampilan teknologi telah mampu terciptakan dengan maksimal, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyusun strategi yang dibutuhkan untuk pemasaran digital seperti mengumpulkan traffic di website dan muncul halaman 1 Google, pola penulisan copywriting dan mendapat followers tertarget.

Dengan ‘memindahkan’ bisnis Anda ke era digital, dapat menciptakan berbagai manfaat seperti peningkatan efisiensi dan pendapatan, orientasi pelanggan lebih kuat dan operasional bisnis yang tumbuh lebih baik.

Baca Juga: Belajar Copywriting, Cuma Dari ‘Kata-Kata’ Bisa Jago Ledakkin Omset!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here