5 Langkah dalam Pembangunan Rumah Sesuai Kebutuhan dan Keinginan

Saat ini sudah banyak developer yang mengembangkan perumahan siap huni. Meskipun begitu, banyak juga orang yang ingin membangun sendiri rumahnya. Karena mereka bisa mendesain sendiri rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Proses dalam pembangunan rumah itu bukan hal yang mudah dan murah. Belum lagi pembangunan rumah tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Ketahui dulu langkah-langkah dalam pembangunan rumah bagus berkualitas dengan biaya minim. Berikut adalah 5 langkah proses pembangunan rumah sendiri:

Pelajari perencanaan membangun rumah mulai dari operasional properti, pembuatan laporan keuangan, penjualan melalui media online, hingga super team.

1. Buat Perencanaan Pembangunan Rumah

Untuk langkah awal, rencanakanlah pembangunan rumah Anda, mulai dari dana, perhitungan bangunan, hingga target waktu pembangunan. Perencanaan ini berfungsi sebagai pengendali kemungkinan terjadinya penyimpangan saat proses pembangunan rumah berlangsung. Ijka terjadinya proses pembangunan rumah yang tidak sesuai dengan rencana, makan itu akan berimbas pada pembiayaan yang harus dikeluarkan.

2. Gunakan Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis tengah menjadi tren di bidang pembangunan dan pengembangan perumahan siap huni maupun pembangunan rumah sendiri. Rumah minimalis dianggap lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan, namun tetap terkesan modern dan elegan. Sesuai dengan desainnya yang minimalis, maka tidak akan banyak menghabiskan bahan bangunan saat pembangunan rumah berlangsung.

Baca juga: 4 Kelebihan Konsep Ruang Terbuka pada Rumah Minimalis

3. Tentukan Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan sangat berpengaruh pada kebutuhan bahan bangunan dan tingkat kesulitan pembangunan rumah. Rumah dengan bentuk kerangka persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah saat proses pembangunan berlangsung. Serta tidak mengeluarkan budget yang besar, dibandingkan dengan rumah berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya.

4. Selektif Memilih Juru Bangunan

Apabila Anda ingin proses pembangunan rumah bisa berjalan sesuai perencanaan yang telah dibuat sebelumnya, maka Anda harus selektif dalam memilih tukang bangunan. Sehingga pembangunan rumah tersebut bisa selesai tepat waktu. Pilihlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik dan rapi.

Baca juga: APL: Bisnis Properti Tahun 2018 Lebih Bergairah

5. Membuat Ruangan Multi Fungsi

Buatlah ruangan multi fungsi, dengan desin rumah minimalis. Karena rumah yang memiliki banyak ruangan cenderung memakan biaya pengeluaran lebih mahal, sehingga dapat lebih menghemat dalam penggunaan bahan bangunan. Misalnya, ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here