riset-hashtag-untuk-instagram

Pemilihan Hashtag Instagram Tepat, Bisnis Online Siap Tumbuh

Hashtag menjadi komponen penting dalam berbisnis online khususnya bagi platform Instagram. Hashtag memudahkan Anda dalam mempromosikan bisnis ke niche dan orang-orang yang mencari kebutuhan di bisnis Anda.

Selain itu, hashtag Instagram juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan jangkauan pasar, terhubungan dengan praktis dengan target audiens dan membangun kesadaran merek (brand awareness).

Untuk itu, kami akan membantu Anda bagaimana meriset hashtag dan memilih hashtag Instagram yang mampu membawa hasil maksimal terhadap marketing bisnis Anda di Instagram.

1. Lakukan Analisa Hashtag Secara Menyeluruh

Langkah pertama ini perlu dilakukan secara cermat dan menyeluruh. Pertama, Anda harus melakukan riset hashtag Instagram dari segi pemasarannya. Tipsnya, Anda bisa mencari apa yang sedang tren saat ini yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Misalnya, Anda memiliki bisnis fashion, Anda bisa meriset hashtag Instagram dari segi marketing seperti #koreanfashion, #jualbajufashionkorea dan semacamnya.

Setelah itu, Anda meriset akun-akun kompetitor yang memiliki bisnis serupa dengan Anda. Cari tahu hashtag apa yang biasa mereka gunakan dalam setiap postingannya. Catat dan uji coba terhadap konten postingan Anda.

Baca Selengkapnya: Taktik Rahasia Curi Pelanggan Kompetitor Lancarkan Strategi Bisnis Online

Ketiga, Anda bisa menggunakan aplikasi penunjang Anda dalam mempermudah analisa hashtag Instagram contohnya seperti Virol.

2. Buat Hashtag Merek Sendiri dan Gunakan Secara Konsisten

Langkah riset hashtag yang kedua akan lebih menjurus pada Anda yang ingin membangun kesadaran merk di benak masyarakat atau biasa disebut dengan brand awareness.

Buatlah nama produk atau toko onlinemu seunik mungkin namun tetap simple dan mudah untuk masyarakat cari.

3. Cari Hashtag Paling Banyak Dicari Audiens

Bukan cuma kata kunci yang harus sesuai dengan SEO (Search Engine Optimization), pencarian hashtag Instagram juga harus mengandung SEO tinggi alias Anda harus mampu meriset hashtag apa yang biasanya sering orang cari terkait dengan produk Anda.

4. Kombinasikan Seluruh Hashtag

Setelah melakukan riset dan membuat hashtag Instagram merek bisnis Anda sendiri, selanjutnya Anda kombinasikan seluruh hashtag tersebut ke dalam satu konten postingan yang akan Anda promosikan di Instagram.

Setelah itu, tinggal tunggu engagement yang akan dihasilkan dari penggunaan hashtag yang telah Anda riset sebelumnya.

5. Uji Coba Hashtag dengan Strategi 10/10/10

Idealnya, penggunaan hashtag biasanya terbatas namun tidak kurang dan tidak juga terlalu banyak. Biasanya yang dianjurkan berjumlah 11 hashtag untuk setiap konten postingan. Ini menghindari agar pembeli tetap bisa fokus pada main caption konten Anda.

Namun, ada strategi lain yang bisa dilakukan untuk memperkuat hasil dari penggunaan hashtag Instagram. Yakni dengan menggunakan teknik 10/10/10 dimana Anda menggunakan 30 hashtag untuk satu konten yang terdiri dari 10 hashtag demografi bisnis Anda, 10 hashtag umum yang biasa dicari orang dan 10 hashtag yang terkait dengan kesukaan niche market Anda.

Itulah langkah yang perlu Anda lakukan dalam mengoptimalkan penggunaan hashtag Instagram untuk hasilkan konversi yang tinggi.

Hashtag Instagram adalah bagian penting dari pemasaran online, jadi usahakan Anda menggunakannya dengan benar dan maksimal.

Kami juga memiliki beberapa kelas training untuk pembelajaran mengenai digital marketing, tak terkecuali pembelajaran mengenai cara meriset dan memilih hashtag Instagram yang baik dan benar. Anda bisa langsung kunjungi website kami disini untuk lihat info kelas lebih detailnya.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Online Shop Sukses Dengan Teknik Closing Efektif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here