strategi-bisnis-digital

Bisnis di Era Digital Makin Bersaing dengan Ikuti 7 Strategi Ini

Masih adakah yang berbisnis dengan cara offline atau hanya mengandalkan penjualan dari toko fisik saja? Rela bertaruh deh kalo sekarang banyak pebisnis yang mulai lari dan memanfaatkan penggunaan media sosial untuk pengembangan bisnis mereka.

Meskipun sebagian memegang kendali di offline dan online, namun tak bisa dipungkiri bahwa bisnis di era digital dengan penggunaan internet dan media sosial sebagai ruangnya lebih banyak menghasilkan penjualan ketimbang hanya mengandalkan pembeli yang datang ke toko fisik kita. Dan pada hakikatnya saat ini Anda memang harus terbiasa untuk mulai memanfaatkan ataupun beralih ke sebuah bisnis berbasis digital yang biasa disebut dengan Digital Marketing.

Untuk itu Anda perlu mengetahui channel (saluran) apa saja yang dapat mendukung strategi Digital Marketing. Berikut adalah 5 strategi Digital Marketing yang harus Anda ketahui dan aplikasikan di dalam pemanfaatan bagi bisnis:

1. Content Marketing

Menulis konten ataupun informasi yang terkait dengan bisnis tidak bisa diciptakan dengan sembarangan seperti halnya Anda membuat konten di sosmed pribadi Anda. Sebagai salah satu tools dalam bisnis di era digital, konten atau informasi seputar bisnis harus diciptakan dengan inovatif, ter-update dan informatif.

Jangan hanya berfokus pada menjual, menjual dan menjual, audiens Anda akan lebih senang membaca konten yang informatif namun tetap Anda selingi dengan produk bisnis Anda. Kaitkan informasi dengan manfaat produk Anda jika audiens Anda menggunakan produk Anda.

2. Email Marketing

Email kadang sering dianggap menganggu oleh para penerimanya, bahkan tak sedikit yang menganggap email tersebut adalah spam dan dampaknya email yang mereka anggap spam tidak akan dibuka dan langsung mereka buang. Maka dari itu, rencanakan dengan baik, kapan waktu terbaik Anda mengirim sebuah e-mail marketing kepada target Anda.

Pastikan Anda membuat redaksi content marketing yang sempurna dan email Anda adalah email bermanfaat yang perlu mereka lihat, untuk itu pastikan pula isi email marketing Anda dalam keadaan fresh dan relevan antara konten dengan tujuannya.

3. Landing Page (Website Bisnis)

Salah satu komponen penting dalam bisnis di era digital adalah memiliki sebuah website bisnis. Ini menjadi alasan kredibel atau tidaknya bisnis Anda di mata audiens dan menjadi faktor peningkatan kepercayaan di diri mereka. Kelola lah website Anda dengan maksimal dan efektif, jalankan pula fungsi website sebagai mana mestinya.

Isi website Anda dengan informasi yang banyak mengenai bisnis yang sedang Anda jalankan. Intinya, ubahlah website bisnis Anda menjadi sebuah landing page yang berkualitas dan bernutrisi tinggi.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Dalam bisnis di era digital, peran SEO sangat amat penting untuk pertumbuhan bisnis Anda. Sajikan content marketing yang berkualitas dengan menyisipkan keyword yang paling banyak dicari oleh mesin pencarian seperti Google.

Jika Anda telah menerapkannya, semua konten yang berkaitan dengan bisnis Anda akan masuk ke dalam halaman pertama pencarian Google. Tentu ini menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis agar bisnis mereka lebih banyak diketahui oleh audiens.

5. Tampilan Mobile (Mobile Friendly)

Strategi yang terakhir juga perlu Anda aplikasikan agar keseluruhan strategi bisnis di era digital dapat digunakan dengan maksimal. Tampilan mobile adalah salah satu strategi yang perlu diterapkan, khususnya bagi Anda yang telah memiliki landing page. Buatlah tampilan landing page Anda mobile friendly dan akses yang cepat.

Dengan begitu, calon customers Anda akan lebih mudah mengakses segala informasi mengenai produk Anda lewat gadget yang mereka gunakan. Menggunakan desain tampilan website dengan template yang menarik juga boleh.

Perlu di tekankan, memajukan bisnis di era digital dengan pemasaran online tidak cukup hanya sebatas Anda mengembangkannya lewat media sosial semata. Ranah Digital Marketing sangat luas, inilah yang perlu Anda manfaatkan. Bukan hanya di media sosial, namun manfaatkan semua ruang Digital Marketing yang ada. Dengan begitu, Anda akan meraup keuntungan jauh lebih besar ketimbang hanya mengembangkan bisnis di era digital dengan media sosial saja.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Rahasia Jualan Online Shop: Kuasai Kemampuan Jadi Sales yang Ampuh Tarik Pelanggan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here