Sebuah tim tidak akan bisa bekerja dengan baik dan efektif kalau tim tersebut tidak memiliki seorang pemimpin yang bertanggung jawab, tepat dalam mengarahkan dan cerdik mengambil keputusan. Tanggung jawab dari sebuah kesuksesan suatu proyek ada di tangan seorang pemimpin. Untuk bisa menjadi seorang pemimpin dengan kriteria diatas, dibutuhkan beberapa skills yang kuat.

Seorang pemimpin setidaknya harus memiliki hard skills, soft skills dan strong skills. Setiap kemampuan tersebut penting dimiliki termasuk soft skills. Ibaratnya soft skills adalah kemampuan dasar yang akan menuntun pemimpin dalam mendapatkan kemampuan lainnya untuk mengarahkan dan memimpin tim dengan baik.

Ada 4 soft skills penting yang harus diasah untuk memperkuat kamu dalam memimpin sebuah tim yakni:

1. Komunikasi

Komunikasi yang baik bukan hanya tentang berbicara dan menulis, komunikasi juga berarti mendengarkan. Komponen tersebut adalah langkah awal untuk membentuk sebuah komunikasi yang baik. Sebagai seorang pemimpin, kesuksesan dari ekspetasi merupakan hal yang krusial dan untuk mencapainya, semua orang di dalam proyek harus bekerja sejalan oleh pedoman satu tujuan yang sama. Oleh karenanya, dibutuhkan komunikasi yang baik untuk membantu timmu bekerja dalam satu tujuan dan membuat seluruh proyekmu berjalan dengan lancar.

Jadi, komunikasi dimulai dari mendengarkan. Tingkatkan kemampuan mendengar melalui teknik seperti menjadi pendengar seseorang yang baik menggunakan perasaan dan fokus adalah salah satu kunci utamanya.

2. Pengelolaan Waktu dan Rencana

Sebagai pemimpin, kamu pasti sudah tahu bahwa pengelolaan waktu dan rencana adalah pondasi utama dari proyek yang kamu pimpin. Tim kamu pasti mengandalkanmu untuk membuat setiap rencana yang akan kalian kerjakan. Mengelola waktu bukan hanya sekedar membuat jadwal rencana sesuai waktu yang ditentukan, namun bagaimana kamu dapat mengestimasi waktu dengan akurat agar setiap deadline dari projekmu dapat terpenuhi.

Lanjut Baca: Halaman 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here