Mahir Buat Content Marketing di Tumblr

Setelah delapan bulan diblokir, akhirnya media microblogging terkenal, Tumblr bisa kembali diakses bebas oleh pengguna internet di Indonesia.

Ini dikarenakan manajemen Tumblr sudah memenuhi tuntutan pemerintah Indonesia terhadap konten-konten negatif khususnya pornografi agar tak lagi bisa diakses di Indonesia.

Pencabutan akses blokir ini tak hanya dirasakan oleh para bloggers yang biasa membuat konten di Tumblr, namun juga bisa menjadi platform baru bagi business owners dalam upaya promosi melalui pemanfaatan Tumblr.

Berbeda dengan platform sosial media lainnya, di Tumblr, cara mempromosikan sebuah bisnis bukan dengan mengiklankan dan menjual secara gamblang produk atau jasa, melainkan lebih ke penggunaan content marketing nya.

Melalui Tumblr, Anda bisa dengan mudah menyebarluaskan content marketing kepada jutaan pengguna Tumblr sehingga kamu bisa mendapat banyak audiens tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk iklan berbayar.

Lalu bagaimana cara membuat content marketing yang baik di Tumblr? Baca artikel ini sampai habis.

1. Lupakan Hal Tentang ‘Hard Selling’ Marketing

Jangan salah paham, kami bukan menyuruh Anda untuk melupakan promosi pemasaran, namun ubahlah gaya promosi pemasaran Anda di Tumblr agar tidak terlihat seperti hard-selling.

onten-pemasaran-di-tumblr-2

Buatlah content marketing di Tumblr yang sifatnya soft-selling seperti konten untuk membangun brand awareness produk Anda maupun mengedukasi audiens Tumblr dengan informasi yang bermanfaat agar terciptanya engagement.

2. Berikan Konten Terbaik

Audiens membutuhkan konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk mereka. Bukan produk ataupun servis, melainkan informasi, hiburan atau tips dan trik. Seperti yang kami lakukan ini kepada Anda.

konten-pemasaran-di-tumblr-4

Karena apa? Karena ketika Anda memberikan mereka hal-hal berharga dengan cuma-cuma, audiens akan merasa ingin tahu lebih dalam mengenai bisnis Anda.

Itulah poin utamanya, bagaimana lewat penyajian content marketing berupa informasi dan hiburan mampu mengkonversikan audiens menjadi pelanggan.

3. Buat Konten yang Sering Orang Bagikan

Tumblr memberikan Anda kemudahan untuk membagikan konten kepada publik. Tentu asalkan konten yang Anda bagikan worth untuk dibagikan.

konten-pemasaran-di-tumblr-3

Banyak konten yang bisa Anda bagikan dan sekaligus menjadi content marketing menarik seperti foto dengan kata-kata mutiara, foto-foto lucu seperti meme atau animasi parodi, factograph atau foto dengan menyelipkan informasi berupa fakta dan sebagainya.

Saat Anda membuat sebuah konten marketing, jangan pikirkan tentang apa yang ingin kamu bagikan, tapi apa yang akan audiens bagikan kepada orang banyak.

4. Sempatkan Membuat Konten Postingan yang Panjang

Tips ini bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesempatan apakah konten yang kamu buat bisa menjadi viral dan dibaca banyak orang.

konten-pemasaran-di-tumblr-5

Dampak dari konten yang dibuat panjang akan membuat pikiran audiens bekerja beriringan dengan sesuatu yang sedang ia baca, kemudian mereka akan mengambil ‘jeda’ untuk menganalisis dan menelaah apa yang dibacanya hingga akhirnya, audiens akan mampu menyimpulkan dan take action dari apa yang telah mereka pahami.

Anda bisa mengambil alih pikiran audiens agar mampu seperti deskripsi diatas lewat content marketing yang Anda buat dengan panjang dan berkualitas.

Selain mampu menaikkan traffic, content marketing Anda juga akan sering muncul dalam pencarian Tumblr dan Google.

Sampai saat ini, Tumblr memang masih belum begitu banyak dimanfaatkan sebagai platform bisnis. Semoga dengan tips membuat content marketing diatas, Anda mampu mengjangkau audiens lebih luas lagi melalui pemanfaatan situs microblogging yang memiliki lebih dari 345 juta pengguna ini.

Baca Juga: KOMINFO Cabut Akses Pemblokiran, Tumblr Bisa Diakses Lagi di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here