membangun branding bisnis

6 Cara Membangun Branding Low Budget Siap Tumbuhkan Bisnis Anda.

Kekhawatiran pertama saat Anda telah membuka suatu bisnis adalah “bagaimana cara membangun branding agar produk atau jasa saya semakin dikenal dan banyak yang tertarik?” Ya, kami tentu sangat tau permasalahan tersebut karena bukan hanya Anda yang merasakannya.

Lalu pertanyaan yang muncul selanjutnya dibenak Anda adalah “Saya tidak tau cara membangun branding yang baik. Apakah saya harus mengeluarkan uang untuk menyewa jasa?”

Sebagian mereka masih berpikir bahwa branding itu mahal. Namun sebenarnya, kalau Anda dapat berpikir cukup kreatif, banyak cara membangun branding dengan mudah dan tanpa menguras keuangan Anda terlalu dalam.

Di beberapa kasus, hal ini tentu menguntungkan pebisnis khususnya para startup yang masih kebingungan menemukan cara membangun branding yang tak perlu banyak biaya.

Sekarang disinilah kamu menemukannya. Inilah 6 langkah cara membangun branding untuk tumbuhkan bisnismu ala low budget:

1. Tentukan Target Pasar Anda

Faktanya 82% perusahaan menggunakan taktik penentuan target pembeli untuk menentukan target mana yang akan coba Anda jangkau.

Cara membangun branding ini dianggap sebagai cara awal yang ampuh karena disini Anda harus menentukan apa yang target Anda butuhkan, memahaminya sehingga hal tersebut akan membantu anda menentukan jenis produk atau jasa apa yang harus Anda berikan untuk mereka.

2. Kembangkan Identitas Bisnis Anda

Setelah Anda mampu mengidentifikasi persona pasar Anda, cara membangun branding yang selanjutnya adalah mengembangkan identitas bisnis Anda dalam benak calon customers.

Anda bisa membangunnya dengan melakukan komunikasi publik, untuk menyadarkan mereka bahwa produk Anda hadir untuk melengkapi kebutuhan mereka. Berikan mereka nilai dari produk atau jasa Anda untuk semakin meyakinkan mereka.

3. Konsisten Aktif di Media Sosial

Anda sudah tau target pasar Anda. Sudah pula tahu apa yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan identitas bisnis Anda. Selanjutnya, lewat mana Anda akan menyampaikannya?

Cara membangun branding selain menyadarkan mereka lewat komunikasi publik, Anda juga harus tau dimanakah mereka sering berkumpul dalam aktivitas online. Tentukan platform online mana yang sering dijadikan ‘titik kumpul’ target Anda. Setelahnya, berusahalah untuk terus konsisten aktif disana dengan memberikan konten mengenai bisnis Anda.

4. Manfaatkan Website atau Blog

Selain media sosial, cara membangun branding dengan memanfaatkan website atau blog juga dianggap sama ampuhnya. Bahkan, melalui website Anda bisa lebih detail dan informatif dalam menyadarkan mereka terhadap produk atau jasa usaha Anda. Di website, orang asing yang masuk mengunjungi website Anda bisa terkonversi menjadi customer Anda.

5. Prioritas Pelayanan Pelanggan Nomor Satu!

Cara membangun branding dengan memprioritaskan pelayanan pelanggan mampu menghemat uang Anda dari pembayaran iklan. Karena pelayanan pelanggan berefek langsung terhadap customer sehingga jika bisnis Anda melayani mereka dengan baik, tak hanya menjadi pelanggan setia, mereka juga akan memperkenalkan bisnis Anda kepada orang-orang. Secara tidak langsung, hal tersebut sangat menguntungkan Anda.

6. Ambil Keuntungan dengan Co-Branding

Para pebisnis mengambil kesempatan untuk menaikkan branding mereka melalui strategi co-branding. Hal ini dilakukan untuk memperbarui positioning hingga menawarkan beraneka sub-brand ke pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin terfragmentasi.

Namun, cara membangun branding dengan langkah ini harus Anda pikirkan matang-matang karena memiliki resiko yang cukup tinggi.

Itulah cara membangun branding dengan budget rendah yang bisa Anda gunakan dalam menumbuhkan bisnis Anda perlahan-lahan. Jika anda masih ragu dan kebingungan, tidak ada salahnya jika anda mengikuti beberapa workshop yang terkait dalam membangun brand dan strateginya.

Salah satu yang bisa Anda ikuti adalah workshop Brand Strategy dari kami, TUW Consultant. Info lebih lengkap anda bisa mengklik disini

Selamat mencoba dan tumbuhkan bisnis Anda setinggi langit!

Baca Juga: Entrepreuneur-ers, Yuk Intip Tips Ampuh Jualan di Instagram Laris Manis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here