waktu-promosi-di-instagram-1

Jam Berapa Saja Sih Waktu Ideal Untuk Posting Jualan di Instagram?

Bagi Instagram users biasa, mungkin tidak ada waktu tertentu dalam memposting foto atau video karena hal tersebut dilakukan semata-mata hanya untuk mengisi feeds akun Instagram dan sarana hiburan. Namun beda halnya jika Anda adalah seorang pebisnis online. Memposting foto atau video di Instagram menjadi sarana Anda dalam melakukan promosi ke masyarakat khususnya kepada pengguna Instagram.

Cara promosi di Instagram bukan hanya melihat konten jualan apa yang disebarkan, namun waktu juga menjadi faktor penting untuk menentukan apakah postingan Anda banyak dilihat orang atau tidak. Apalagi fitur Instagram sekarang memperlihatkan tampilan homefeeds yang tidak sesuai dengan waktu terakhir posting.

Makanya cara promosi di Instagram harus Anda ubah polanya dengan memposting konten Anda pada waktu yang tepat agar kesempatan konten Anda dijangkau banyak orang lebih besar. Kuncinya adalah timing. Percuma saja jika konten Anda sudah sempurna namun ekspektasi engagement yang diharapkan tidak sesuai harapan. Sia-sia bukan?

Untuk itu penting untuk memperhatikan timing posting konten Instagram Anda. Setiap platform memiliki audiens dengan intensitas waktu penggunaan yang berbeda-beda. Trend yang senantiasa berubah membuat waktu ideal untuk posting promosi di Instagram juga sering kali berubah.

Gak usah lama-lama lagi deh, yuk simak cara promosi di Instagram dengan sesuaikan waktu ideal untuk posting konten.

1. Waktu Ideal Bergantung Pada Karakter Followers Anda

Seperti penjelasan di awal, waktu ideal dalam memposting konten di Instagram berbeda untuk setiap bisnis. Mengapa? Karena setiap bisnis memiliki segmentasi pasar dan karakteristik followers yang berbeda sehingga untuk menentukan waktu idealnya pun tentu akan berbeda.

waktu-promosi-di-instagram-5

Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Oberlo, waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram adalah antara jam 11 Siang hingga 1 siang dan 7 malam hingga 9 malam. Sedangkan untuk hari terbaik, terpilih hari Senin, Rabu dan Kamis yang paling tepat untuk memposting di Instagram.

Cara promosi di Instagram dengan melihat jam serta hari yang terbaik dianggap ideal karena beberapa business users telah mengalaminya dimana hari dan jam tersebut memiliki tingkat engagement yang tinggi.

2. Melakukan Testing dengan Temukan Puncak Timezone Terbaik

waktu-promosi-di-instagram-2

Cara promosi di Instagram dengan menyesuaikan waktu terbaik adalah Anda harus mengetahui timezone dari followers Anda. Cara mengetahuinya sangat mudah yakni melalui Instagram Business yang memiliki fitur bernama Insights. Fitur Instagram Insights ini akan memberikan semua data yang dibutuhkan untuk mengenali follower Anda.

waktu-promosi-di-instagram-3

Dari data Insights tersebut, Anda dapat melihat demografi seperti usia, gender, lokasi dan yang paling penting kapan waktu teraktif mereka menggunakan Instagram. Data inilah yang dapat dijadikan starting point dan testing untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk memposting bagi akun Instagram Anda.

3. Buatlah Rekap Waktu Posting dan Ukur Progres nya

Jika Anda kesulitan menganalisisnya, Anda bisa memanfaatkan Google Spreadsheet untuk membantu Anda menganalisis waktu terbaik dalam memposting konten. Catat progress dan performa engagement akun Anda setiap harinya. Untuk permulaan, Anda bisa memulainya dengan menganalisa 1 minggu pertama. Buatlah kolom dari mulai Hari, Waktu, Comment dan Likes.

waktu-promosi-di-instagram-4

Lakukan perbedaan jam posting setiap seminggu sekali. Misalkan di minggu pertama hari senin Anda melakukan posting pada jam 5 sore, untuk minggu kedua hari senin lakukanlah posting pada jam 6 sore begitu seterusnya hingga minggu keempat.

Lakukan untuk keseluruhan hari dan lihat perbandingannya saat sudah mencapai minggu terakhir. Dengan begitu Anda akan dengan mudah menentukan waktu terbaik mana yang cocok untuk akun Instagram Anda.

Nah itulah cara promosi di Instagram dengan menyesuaikan waktu postingan dengan jam dan hari terbaik bagi akun Instagram Anda agar engagement dan jangkauan Anda lebih banyak di dapat. Semoga bermanfaat!

Ref: digitalentrepreneurid

Baca Juga: 5 Strategi Sukses dan Manjur Bisnis di Era Digital

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here