Perusahaan-perusahaan kelas dunia seperti Toyota, Exxon, Samsung dan IBM menjadi acuan banyak perusahaan dalam membangun best management practices. Tau kenapa mereka bisa menjadi panutan perusahaan di seluruh dunia?

Keempatnya memiliki latar industri yang berbeda namun ada satu faktor yang membuat mereka layak disebut sebagai panutan perusahaan kelas dunia. Karena mereka memiliki orang-orang hebat di dalam timnya dan selalu melakukan yang terbaik di setiap tugas yang mereka emban.

Lalu kenapa bisa mereka masuk ke dalam kategori orang-orang hebat? Karena kinerja mereka dikelola dengan sistematis, efektif, penuh perencanaan dan perhitungan yang matang.

Dalam melakukan pengukuran kinerja SDM, perusahaan kelas dunia selalu berfokus pada dua elemen utama yaitu performance results (elemen kinerja) dan behavior and culture element (elemen sikap dan budaya kerja).

Elemen kinerja atau performance results merupakan target yang ingin dicapai oleh setiap anggota tim. Ibaratnya tim sepakbola, elemen ini sama pentingnya bagi mereka karena mereka harus menciptakan gol untuk memenangkan pertandingan.

Sementara elemen kedua yakni elemen sikap dan budaya kerja menggambarkan apa yang harus di lakukan dan tipe perilaku serta dikap kerja apa yang harus ditampilkan agar target di elemen performance results dapat dicapai.

Jadi, setelah tim kerja memiliki sasaran atau target apa yang ingin mereka capai, kemudian mereka mencari tahu apa hal yang harus mereka lakukan untuk memenuhi target tersebut dan ketika strategi sudah ditemukan, akan berdampak pada terdorongnya motivasi mereka untuk mencapai target tersebut.

Nah, di dalam Sistem Manajemen Kinerja Individu (SMKI) yang dijalankan perusahaan, elemen diatas dimasukkan dalam bahan penilaian kinerja pegawai. Lebih jelasnya, simak strateginya berikut:

1. Performance Goals

Rahasianya adalah SMART Goals yang memiliki slogan ‘SMART GOALS will create SMART PEOPLE’. Ini berarti manusia yang cerdas akan terbentuk dari bagaimana mereka membangun sebuah pencapaian yang cerdas pula.

2. Behavior dan Culture Goals

Rahasianya adalah nAch atau Need for Achievement. Semakin tinggi keinginan untuk mendapatkan achievement, maka peluang untuk mencapai kinerja yang maksimal akan semakin besar pula.

3. Budaya Procise

Nah elemen yang terakhir adalah budaya procise dimana tim membangun prinsip atau strategi company ways yang akan membawa perusahaan menjadi world class company.

Demikianlah 3 pilar dalam SMKI yang jika dioptimalkan berbarengan dengan ekselen, maka bukan tidak mungkin perusahaan anda akan masuk dalam deretan panutan World Class Performer seperti Toyota, IBM, Exxon dan Samsung.

Ref: pakarkinerja

Baca Juga: Niche Market, Target Lebih Kecil Hasilkan Banyak Untung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here