Sebuah studi dari ahli bernama Gallup menyatakan bahwa dalam lingkungan kerja yang berubah menuntut para manajer untuk mengatur ulang banyak tugas sehingga pekerjaan dapat tetap terselesaikan secara efektif oleh tim.

Namun, manajer yang mampu memiliki keterampilan ini dimana menjadi salah satu syarat seorang manajer ekselen perbandingannya hanya 1 banding 10 manager. Anda termasuk ke dalam golongan 1 manager atau 10 manager?

Jika Anda termasuk ke dalam golongan angka 10, maka Anda benar-benar harus membaca artikel ini sampai habis.

Untuk meningkatkan keterampilan memimpin memang berada pada tangan Anda sendiri. Yang harus Anda lakukan adalah selalu belajar keterampilan yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang manajer yang luar biasa dan belajarlah dari mereka para manajer ekselen.

Jadi, apa saja keterampilan yang harus Anda lakukan untuk mengubah diri Anda menjadi seorang manajer ekselen di dalam tim? Simak ulasan 6 tips berikut.

1. Bersikap Adil, Tepat dan Selalu Rutin Memberikan Feedback

Di setiap lingkungan kerja, anggota tim terkadang merasa bahwa timbal balik atau feedback dari kinerja mereka tidak di dapatkan dengan teratur. Berikan feedback yang adil, tepat dan teratur karena hal tersebut akan mendorong kinerja tim yang ekselen.

2. Tekankan Kekuatan

Menekankan kekuatan pada tim akan memperkuat kinerja mereka. Mulailah dari mengidentifikasi dimana titik lemah anggota tim dan bagaimana Anda sebagai manajer harus berkontribusi penuh dalam memberikan support pada diri mereka.

3. Tetapkan Ekspetasi

Seorang manajer ekselen harus bisa menentukan ekspekstasi kinerja secara spesifik dan tentunya berorientasi pada hasil. Setelah itu, manajer harus mampu menyampaikannya kepada masing-masing tim.

4. Mengembangkan Keterampilan Untuk Masa Depan Perusahaan

Lingkungan kerja pasti akan selalu mengalami masa perubahan, baik besar maupun kecil. Fokuskan mereka dengan mengembangkan keterampilan yang bermanfaat untuk pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang.

5. Perkuat Koneksi

Dorong tim Anda untuk memperkuat koneksi eksternal. Anda bisa mulai memberikan arahan kepada mereka untuk memperkenalkan perusahaan kepada rekan bisnis di pertemuan informal ataupun industri.

6. Tunjukan Komitmen Tulus Untuk Pengembangan Karir Tim

Menunjukan komitmen Anda sebagai manajer bahwa Anda bersungguh-sungguh ingin mengembangkan perusahaan ke arah lebih baik bersama tim Anda mampu meningkatkan kinerja tim lebih efektif untuk hasil yang maksimal di masa depan.

Seorang manajer yang hebat adalah manajer yang memiliki sifat dinamis, dimana mereka memiliki berbagai keterampilan yang dapat diintegrasikan secara sempurna di dalam satu kepribadian di perusahaan.

Namun inti dari semua ini adalah, sebagai seorang manajer yang memiliki tanggung jawab untuk memimpin tim perlu meningkatkan setiap keterampilan untuk mengantarkan anda kepada titel The World Class Performer alias Manajer Kelas Dunia.

Jangan pernah berhenti belajar, setiap Anda mengalami pengalaman baru dalam hidup Anda, pelajari dan kembangkanlah. Hal tersebut akan mendorong diri Anda memiliki banyak keterampilan dan membawa keunggulan bagi tim maupun perusahaan.

Baca Juga: Millenials, Yuk Intip Tips Ampuh Jualan di Instagram Laris Manis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here