2. Niche Market Ternyata Jauh Lebih Menguntungkan, Lho!

Sering mikir nggak kenapa penjualan kita itu biasa-biasa aja? Gak mengalami peningkatan yang berarti? Udah promosi produk di berbagai marketplace, promosi di sosmed juga udah kenceng, tapi kok yang beli segitu-segitu aja gak bertambah, malah kadang sepi.

Kalau kamu sering memiliki masalah seperti itu, sepertinya kamu belum tau dan menerapkan apa yang disebut dengan niche market. Buat kamu yang belum tau apa itu niche market, itu adalah salah satu jenis dari market yang berarti segmen pasar yang sangat spesifik tapi menguntungkan. Kenapa menguntungkan? Karena melalui niche market, kamu bisa menentukan dan menyasar produkmu ke orang-orang yang memang senang, suka, dan butuh dengan produkmu.

Nah lawannya niche market adalah mass market. Kalo mass market itu kebalikannya, kita mentarget pasar yang cakupannya luas atau umum dan gak spesifik. Mungkin sebagian dari kamu masih berpikir “ya mending nentuin mass market lah, cakupannya kan lebih luas jadi keuntungan yang di dapet juga lebih besar”. Kalo mindset kamu masih seperti ini dan kamu terapkan di bisnis onlinemu, kamu SALAH BESAR!

Baca sampe habis biar kamu ngerti.

Justru niche market lah yang sebenarnya lebih mengundang banyak keuntungan dalam penjualan bisnis online mu. Kenapa? Seperti yang tadi kita jelasin, kamu menyasar produkmu untuk orang-orang yang senang, suka, dan butuh dengan produkmu.

Coba deh pikirin, mending produk kamu disasar secara luas untuk semua kalangan tapi gak bisa bawa keuntungan banyak atau…disasar ke lingkup yang lebih kecil tapi mampu membawa keuntungan besar dalam bisnismu? Sekarang udah mulai terbuka kan pikirannya.

Nah, setelah kamu paham apa itu niche market, selanjutnya adalah bagaimana cara menentukan niche market yang akan diaplikasikan pada bisnis online kamu. Pertama, kamu harus tau dulu syarat dalam menentukan niche market. Ada rumusnya nih:

Niche Market : D + P

D itu Demografis, yang berarti kamu harus menentukan mau dijual dimana produkmu itu. Apa hanya untuk sekitaran wilayah tempat tinggalmu atau lebih luas lagi.

P nya adalah Psikografis. Nah dalam psikografis juga ada beberapa aspek yang harus diliat nih yaitu AIO (Activity, Interest dan Belief/Opini). Jadi setelah kamu menentukan produk apa yang mau kamu jual dan di region mana kamu akan menjualkannya, kamu juga harus menentukan lebih spesifik apa aktivitas, kesukaan dan opini masyarakat terhadap produk kamu sehingga kamu tidak akan salah sasaran dalam menentukan niche market.

Nah setelah itu, kami akan memberikan kamu 3 langkah dalam menentukan niche market:

1. Siapa Target Market Ideal Kita?

Sesuaikan dengan produk yang akan kamu jual. Kamu bisa melakukan riset pasar untuk menentukan segmentasi orang-orangnya.

2. Apa Masalah Yang Mereka Hadapi?

Kamu juga harus tau masalah orang-orang yang sering dihadapi itu apa, sehingga produkmu bisa hadir menjadi penyelamat mereka.

3. Apa Konsekuensinya Jika Mereka Tidak Membeli atau Memakai Produkmu?

Nah sertakan juga dampak atau konsekuensi jika orang-orang tidak menggunakan produkmu sehingga hal tersebut akan mempengaruhi mereka untuk memutuskan pembelian pada produkmu.

Sekarang udah ngerti kan kenapa niche market itu penting banget buat bisnis online kamu? Jadi, masih tetep mau pake strategi mass market atau beralih ke niche market yang kecil tapi bisa membawa banyak keuntungan? Tentukan sekarang untuk masa depan bisnis onlinemu yang lebih cerah.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Ini Untuk Tingkatkan Brand Awareness Produkmu!

1. Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here