kisah-pengusaha-online-sukses-syafria

Pengusaha Online Shop yang Sukses Bisnis di E-Commerce

Keterbatasan apapun jika kita memiliki niat dan tekad yang kuat, pasti akan menemukan jalan terbaik. Kisah inspiratif bisnis kali ini akan membahas tentang ibu Syafria Ningsih, pengusaha online shop yang sukses berbisnis di salah satu e-commerce ternama Indonesia.

Istimewanya, kesuksesan yang diraih oleh Syafria Ningsih ini berawal dari dirinya yang memiliki pengetahuan minim seputar penggunaan alat teknologi digital atau orang bisa menyebutnya gagap teknologi alias (gaptek).

Pengusaha online shop yang sukses asal Medan, Sumatera Utara ini mengaku awalnya tidak pernah terfikirkan sebelumnya untuk berjualan online karena ia benar-benar tidak memahami bagaimana cara memasarkan produk di dunia digital.

Seolah mendapatkan ilham karena bisnis yang dijalankan sejak tahun 2006 tidak membuahkan hasil bahkan hampir bangkrut, akhirnya ia memutuskan untuk belajar otodidak untuk paham mengenai dunia bisnis di era digital. Hingga pada 2016, ia bergabung bersama e-commerce tersebut.

Selain mempelajarinya secara mandiri, Syafria juga banyak bertanya dan sharing bersama dengan komunitas penjual di Bukalapak. “Setelah bergabung bersama e-commerce, saya banyak belajar bersama teman-teman di komunitas sesama penjual di Bukalapak. Alhamdulillah yang mulanya minim penghasilan, saat ini usaha saya sudah mampu menjangkau pasar seluruh Indonesia.” ungkapnya.

Sebelum menjadi pengusaha online shop yang sukses seperti saat ini, Syafria sempat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan bekerja sebagai guru Matematika SMA. Dirinya memutuskan untuk keluar sebaagi PNS karena ingin lebih fokus dalam merawat anak-anaknya.

Pada tahun 2006, ia memulai usahanya dengan menjual beragam produk busana muslim khususnya busana muslim anak-anak. Syafria pun sempat membuka toko fisik dan gencar mencari agen atau reseller di tiap daerah.

Aktif Membantu Sejahterakan UKM

Sejak tahun 2008, Syafria tak hanya fokus berbisnis, pengusaha online shop yang sukses besar ini pun rupanya aktif mengajak ibu-ibu tetangganya untuk memiliki kerjaan sampingan dengan berbisnis ataupun berjualan.

Keaktifan Syafria dalam mendorong pengusaha kecil menengah tidak berhenti sampai disitu. Setelah bergabung di e-commerce, Syafria semakin aktif mendorong para pengusaha khususnya pengusaha UKM untuk tetap semangat berjualan dengan berbagai kisah inspiratif bisnis dirinya kepada mereka agar termotivasi.

Sering Mengadakan Pelatihan Untuk Karyawan

Tak hanya aktif memotivasi, Syafria juga sering mengadakan pelatihan untuk para karyawannya bagaimana cara mengelola bisnis online. Ia bertekad tidak ingin para karyawannya merasakan hal yang serupa dengannya.

Sebagai penutup, pengusaha online shop yang sukses ini memberikan sedikit wejangan bagi para pengusaha yang masih pesimis untuk mengembangkan usahanya ke jangkauan yang lebih luas lagi. “Perempuan yang mampu berkarir di wirausaha itu adalah kesuksesan untuk banyak orang, bukan diri sendiri. Karena seorang wirausaha yang sukses akan mengajak banyak orang untuk ikut berwirausaha.”

Nah, banyak cara untuk menjadi pengusaha online shop yang sukses seperti kisah Syafria Ningsih diatas. Meskipun kita merasa bahwa diri kita banyak kekurangan dan tak mampu untuk melakukannya, tapi asal niat Anda kuat dan Anda mau berkembang, jalan kesuksesan pasti akan selalu ada.

Baca Juga: Mengenal KPKU BUMN, Ciptakan Kinerja Unggulan Perusahaan Berdaya Saing Tinggi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here