Meningkatkan Penjualan Online dengan Diskon, Gak Bikin Rugi Kok

Bagi sebagian para pebisnis, pemberian diskon mungkin adalah hal yang tidak disukai. Mereka berpikir bahwa memberikan diskon, penawaran spesial, promo dan strategi harga murah lainnya akan memberikan dampak yang kurang bagus bagi kenaikan omset penjualan. Namun strategi diskon justru menjadi salah satu cara ampuh dalam meningkatkan tingkat penjualan online bisnis Anda.

Penjualan yang mampu mencapai success rate tinggi adalah penjualan yang terencana dengan memiliki kemampuan untuk menarik calon prospek (customer) baru, mencapai target penjualan saat musim penjualan sedang lambat atau berada di titik terendah. Apalagi dalam upaya meningkatkan penjualan online, strategi harga murah atau diskon penting untuk dilakukan.

Sebelum Strategi, Pahami Dulu Langkah Dasarnya

Sebelum Anda melakukan strategi ini kepada masyarakat, Anda harus merencanakannya dengan matang dan periksa struktur harga jangan sampai potongan harga yang dibandrol terlalu besar atau kecil sehingga efek yang di dapat kurang maksimal. Karena sebuah penjualan tanpa rencana adalah bencana.

Sebelum mengetahui strategi diskon yang bisa dilakukan dalam meningkatkan penjualan online, Anda harus mengetahui terlebih dulu langkah-langkag dasar ketika akan merencanakan suatu strategi diskon.

1. Mengidentifikasi margin keuntungan yang ada, break event point dan mark-up harga yang masuk akal.

2. Meriset diskon penjualan apa yang sekiranya masih bisa menghasilkan keuntungan

3. Cari tahu diskon atau promo apa yang biasanya sering dilakukan kompetitor Anda

4. Pikirkan cara lain untuk meningkatkan penjualan online tanpa harus menurunkan harga terlalu rendah

5. Mengidentifikasi produk atau jasa apa saja yang terlihat menurun dalam setahun kemarin.

Nah, jika Anda sudah memahami kelima langkah dasar diatas, ini waktunya Anda siap mengetahui apa saja strategi diskon yang ampuh dalam meningkatkan penjualan online bisnis Anda. Baca sampai akhir ya.

1. Menetapkan Persentase Diskon Sesuai Produk

Strategi diskon ini sebenarnya sudah cukup ‘pasaran’ dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk memberikan intensif pembelian dan meminimalisir kerugian. Namun, jika Anda baru akan mencoba tips ini, Anda bisa mencobanya dengan mematok persentase antara 5-10% untuk produk baru Anda. Tujuannya agar mendorong minat pembeli sehingga keputusan pembelian dapat terjadi.

Namun beda hal ketika Anda memiliki produk yang kurang laku, Anda bisa mematok diskon 25% bahkan hingga 70% jika stok produk lama Anda ingin cepat habis sehingga ruang penyimpanan Anda tidak akan sesak lagi. Cara ini dianggap menjadi cara efisien untuk menghabiskan produk-produk Anda yang kurang laku di pasaran.

2. Diskon Untuk Followers Baru

menargetkan-penjualan-strategi-diskon-2

Tips kedua ini juga bisa menjadi strategi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan Online. Pebisnis online pasti memanfaatkan media sosial sebagai tempat mereka dalam berbisnis. Dengan memberikan followers baru Anda diskon, Anda bisa mendapat double keuntungan dalam satu waktu. Pertama, followers Anda akan bertambah. Kedua, tingkat pembelian juga akan meningkat.

3. Penawaran Diskon Secara Berkala (Mingguan/Bulanan)

meningkatkan-penjualan-strategi-diskon-3

Tips ketiga ini mungkin dirasa cukup kuno ya untuk zaman sekarang, tapi rupanya beberapa bisnis online yang masih menerapkan diskon ini ternyata hasilnya masih cukup bagus juga dalam meningkatkan penjualan online dan loyalitas customer lho.

Jika Anda teratur membuat penawaran/diskon secara berkala baik itu mingguan atau bulanan, ini bisa mendorong pembeli untuk selalu loyal pada Anda dan terus kembali membeli produk Anda ketika sudah habis penggunaannya. Mereka akan selalu tertarik melihat apa yang ditawarkan lagi oleh Anda kepada mereka.

4. Diskon Share di Media Sosial

Disamping dari strategi diskon nomor 2, alternatif lain saat tips nomor 2 sudah dilakukan adalah melakukan diskon yang satu ini. Syarat melakukan share akun sosial media bisnis Anda kepada teman-teman, rekan atau keluarga mereka di sosial media juga cukup ampuh dalam menggiring banyak prospek ke akun Anda. Keuntungan yang di dapat juga sama seperti strategi nomor 2, namun skalanya tentu lebih besar.

Sifat manusia yang selalu tergiur ketika melihat sesuatu berbau harga murah atau promo adalah manusiawi. Untuk itu, strategi diskon sebenarnya tidak akan begitu membuat bisnis Anda rugi, apabila Anda mampu melakukannya dengan perhitungan yang benar. Dengan menjalankan langkah dasar diikuti dengan strategi diskonnya, kami yakin Anda mampu meningkatkan omset penjualan online Anda.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing Gaet Ribuan Customer dengan Positive Language

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here