bisnis

Seiring dengan meningkatnya media sosial di Indonesia, saat ini perilaku belanja masyarakat telah beralih ke belanja online. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis online. Saat ini saja, jumlah pengguna aktif di Instagram sudah mencapai kurang lebih 800 juta pengguna setiap bulannya. Sudah 75 persen pengguna Instagram langsung bereaksi terhadap iklan di Instagram, misalnya dengan mengunjungi situ produk atau layanan tersebut.

Pelajari juga cara beriklan di Instagram yang sesuai target market ideal.

Tapi tren strategi promosi yang gimana sih, yang lagi ngehits di Instagram tahun ini?

1. InstaStory

Saat ini, hanya dengan modal akun Instagram, online shop bisa meraih omset hingga jutaan rupiah. Apalagi ada fitur baru Instagram, yaitu InstaStory yang bisa membantu seller untuk berinteraksi dengan calon konsumen secara langsung. Karena biasanya, konsumen memang cenderung mencari online shop yang memberi pelayanan terbaik, selalu merespon komentar atau pesan dan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Adanya fitur Instagram tersebut sangat membantu seller untuk memahami keinginan konsumen. InstaStory juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bekerja sama dengan brand lain atau influencer.

Baca juga: Tips Foto Produk untuk Jualan Online Hanya Menggunakan HP Tanpa Perlu Fotografer Profesional

2. Endorse Selebgram

Kalau produk Anda dipromosikan melalui salah satu akun selebgram, otomatis masyarakat akan banyak melihat produk Anda, mengingat jumlah followers yang cukup banyak. Masyarakat yang tertarik juga akan mencari tahu online shop yang menjual produk tersebut, dengan klik akun online shop yang di-tag di foto dan kemungkinan followers Anda juga akan bertambah sehingga brand akan banyak dikenal oleh lebih banyak konsumen.

3. Giveaway

Giveaway bukan untuk meningkatkan penjualan (selling), melainkan untuk menggencarkan promosi suatu brand atau toko online atau produk tertentu. Tapi dengan begitu akan tetap berdampak pada peningkatan penjualan, jika dilakukan dengan strategi yang tepat.

Baca juga: Mau Tahu Keuntungan Menggunakan Endorsement untuk Bisnis di Instagram?

Untuk dapat sukses membuat Giveaway di Instagram, buatlah games giveaway Instagram yang mudah diikuti oleh semua kalangan. Dan yang penting efek Viral-nya diperhatikan. Ingat bahwa fokus giveaway bukan untuk meningkatkan penjualan. Contoh syarat games giveaway yang sederhana misalnya, peserta diwajibkan memposting gambar informasi giveaway di akun Instagram mereka.

Bayangkan jika beberapa followers Anda memposting informasi giveaway atau kuis tersebut dan dilihat oleh ratusan followers mereka dan terlebih lagi followers mereka juga ikutan. Maka tidak menutup kemungkinan jumlah followers Anda akan semakin bertambah.

4. Paid Promote

Paid promote juga merupakan salah stau jasa iklan Instagram yang sering digunakan seller online shop. Paid promote bisa dilakukan oleh akun yang tentunya sudah memilki jumlah followers yang banyak, maka dari itu setiap posting dari akun tersebut yang melihat pasti lah banyak, di mana banyak orang yang melihat maka semakin ada kemungkinan orang akan membelinya. Semakin banyak followers, maka harga paid promote sendiri semakin mahal.

Baca juga: Kenali Strategi Paid Promote untuk Instagram Bisnis

5. Instagram Ads

Instagram Ads tidak jauh beda dengan Facebook Ads, jadi memungkinkan Anda untuk memperoleh informasi pengguna Instagram yang sangat spesifik. Instagram Ads memiliki penargetan mulai dari lokasi, usia hingga jenis kelamin. Anda juga bisa mendapatkan data untuk pengguna Instagram berdasarkan hobi, kepentingan dan koneksi para pengguna. Hal ini memungkinkan Anda untuk menempatkan iklan Anda langsung di depan target market yang Anda bidik. Sehingga Anda dapat merasakan bagaimana keuntungan menggunakan Instagram Ads untuk bisnis online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here