target-tingkatkan-omset1

Susun Target Untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Bisnis Anda kurang ‘nendang’ untuk meningkatkan omset penjualan di tahun lalu? Mungkin hal tersebut bisa disebabkan karena Anda tidak mempersiapkan strategi dan target dengan matang.

Untuk tahun 2019 ini, kami akan membantu Anda dalam menyusun target bisnis agar mampu meningkatkan omset penjualan. Baca sampai habis.

1. Analisis Tim Sales Untuk Optimalkan Kinerja

target-tingkatkan-omset2

Upaya meningkatkan omset penjualan bukan dari jumlah tim yang bekerja, tapi seberapa baik kinerja mereka dalam mencari customer. Anda harus mampu menyelesaikan masalah dan kendala yang tim sales Anda sering hadapi di tahun 2018.

Tingkatkan kapabilitas mereka, temukan kelemahan mereka dan libatkan mereka dalam strategi Anda agar mereka termotivasi dan mampu memberikan improvement performance.

2. Tentukan Niche Market dan Apa yang Mereka Butuhkan

target-tingkatkan-omset3

Tentukan dengan melihat dari berbagai aspek seperti gender, umur, pendapatan dan yang lainnya. Setelah itu, cari tau apa yang niche market Anda butuhkan karena bisnis saat ini bukan lagi melihat produk yang dijual, tapi apa yang dibutuhkan oleh target pasar Anda.

Anda bisa menggunakan polling yang tersedia di fitur sosial media untuk melihat apa yang mereka butuhkan saat ini dari produk Anda. Lalu, berinovasilah.

3. Identifikasi Poin Menarik dari Produk Anda

target-tingkatkan-omset4

Kalau Anda pernah mendengar istilah Unique Sales Proposition, inilah target selanjutnya yang perlu Anda lakukan. Untuk meningkatkan omset penjualan, setidaknya bisnis Anda harus memiliki daya tarik yang berbeda bahkan tidak dimiliki oleh kompetitor.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menjual produk karena Anda sudah mampu memberikan penjelasan mengapa mereka perlu membeli produk Anda, bukan produk orang lain.

4. Susun Strategi Pendapatan Dengan Tren Inovasi Terbaru

target-tingkatkan-omset7

Yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa terlebih dahulu pendapatan bisnis Anda di tahun 2018.

Kemudian mulailah susun strategi yang mampu meledakkan penjualan agar penurunan omset bisa terminimalisir serta integrasikan strategi Anda dari tahun ke tahun dengan terus memperbaharui tren inovasi terbaru.

Susun strategi dengan membuat draft persentase kemungkinan peningkatan. Buat persentasenya serealistis, masuk akal dan dapat dicapai.

5. Pecah Target Besar Kedalam Kelompok Kecil

target-tingkatkan-omset5

Target bisnis yang Anda buat tentu sangat besar, tapi jika Anda tidak memecah target tersebut dalam skala kecil, Anda akan kesulitan untuk meraihnya.

Pecah target besar menjadi beberapa kepingan target agar Anda mampu meraihnya secara perlahan.

Misal, jika persentase pendapatan di tahun ini ingin meningkat 12%, buatlah menjadi beberapa bagian seperti 4% di 4 tahun pertama, pertengahan dan akhir tahun.

6. Membuat Konten dengan Kualitas Terbaik

target-tingkatkan-omset6

Jika upaya meningkatkan omset penjualan di tahun 2018 kurang berarti, hal tersebut bukan terjadi karena produk yang Anda jual memiliki kualitas buruk. Namun bisa jadi karena Anda belum mampu mempresentasikan produk Anda dengan baik kepada publik.

Buatlah konten tentang produk Anda dengan tonjolkan kelebihan dan kegunaan dari produk Anda, coba untuk mengedukasi publik, bukan menjual.

Itulah 6 target bisnis yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan omset penjualan di Tahun 2019. Jika semua target diatas sudah mampu Anda jalankan, tinggal tunggu mantra penjualan bekerja di dalam bisnis Anda.

Voila, omset akan meningkat sesuai dengan harapan Anda.

Kami juga ingin memberikan Anda e-book gratis tentang mempromosikan online shop agar bisnis Anda bisa eksis. Download disini.

Baca Juga:Mengenal KPKU BUMN, Ciptakan Kinerja Unggulan Perusahaan Berdaya Saing Tinggi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here