Ikuti Tips dan Trik Jadi HRD Manager yang Handal

HRD Manager berbeda dengan HR Staff atau HR Officer. Perbedaan nya ada pada tanggung jawab dari kedua divisi ini. HRD Manager memiliki tanggung jawab yang sebagian besar berhubungan dengan proses rekrutmen, pengembangan dan pelatihan.

Sedangkan HR Staff memiliki tanggung jawab untuk memberikan dukungan dari beberapa fungsi HR seperti perekrutan, pelatihan dan pengembangan, konseling karyawan dan kepegawaian.

Tentu saja, bagian manajer memiliki peran, fungsi dan tanggung jawab yang lebih besar dari staf. Untuk itulah mengapa Anda wajib membentuk diri Anda agar bisa menjadi seorang HRD Manager yang handal dan baik.

Harus Miliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Umumnya, semua divisi harus memiliki skill komunikasi yang baik. Namun, HRD Manager dituntut untuk dapat memiliki skill komunikasi yang interaktif dan solutif seperti memiliki kemampuan dalam manajemen konflik dan problem solving yang terjadi di perusahaan.

Anda juga harus dapat menciptakan win-win solution dengan bijak tanpa memihak pada salah satu sisi.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki kemampuan multitasking yang baik. Mengerjakan pekerjaan inti dalam satu waktu tanpa lupa untuk mengontrol pekerjaan para staff HR di bawah Anda.

Memiliki Kemampuan Leadership yang Baik dan Bijak

HRD Manager memiliki fungsi untuk memimpin dan mengajak karyawannya agar dapat bahu-membahu bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan.

Maka dari itu, kemampuan kepemimpinan seorang manajer Human Resources seyogyanya haruslah baik dna bijak. Bagaimana Anda mengatur manajemen perusahaan dengan baik, berkomunikasi dengan karyawan, mendengarkan keluhan dan memberikan saran bermutu bagi karyawan.

Dan yang paling utama, berkomunikasi yang baik, adil dan professional untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik dan sehat.

Mengetahui Segala Hal Tentang Perusahaan

Seorang HRD Manager harus mengetahui segala hal yang menyangkut tentang perusahaan agar Anda mampu melakukan analisis SWOT terhadap perusahaan.

Jika Anda mampu menganalisis SWOT perusahaan dengan baik, Anda bisa mengevaluasi apa yang menjadi kelemahan dan keunggulan perusahaan.

Selanjutnya merencanakan apa yang sebaiknya dilakukan agar perusahaan dapat mewujudkan goals yang ingin dicapai dan target yang diberikan oleh direksi perusahaan.

Itu dia tips untuk menjadi seorang HR Manager yang baik dan handal. Jika Anda membutuhkan training untuk Human Resources, Anda bisa kunjungi website training kami disini.

Jangan lupa untuk perbaharui informasi mengenai bisnis dan leadership di Master Kinerja ya.

Post a Comment