Market Conduct, Lindungi Masyarakat Dengan Informasi Produk yang Sesuai
Market Conduct menjadi isu yang saat ini tengah menjadi bahan perbincangan. Konsumen menjadi pengguna dari suatu produk, baik berupa barang atau jasa. Sudah selayaknya mereka diperlakukan dengan baik oleh kita para produsen, salah satunya adalah dengan memberikan informasi yang transparan dan sesuai terkait produk yang akan mereka gunakan.
Di tengah guncangan era teknologi digital yang pesat, aspek Market Conduct semakin berubah sejalan dengan munculnya perilaku digital masyarakat. Kini, masyarakat kita lebih melihat produk yang bukan hanya berkualitas, tetap juga terjangkau dan mudah diperoleh dengan tersedia setiap saat.
Lalu, sepenting apakah Market Conduct untuk para produsen atau pelaku usaha dalam upaya meningkatkan kredibilitas serta melindungi konsumennya? Baca artikel ini sampai habis.
Market Conduct Memastikan Konsumen Mendapat Informasi yang Benar Sebelum Membeli
Setiap konsumen pasti membutuhkan alasan lain saat ia akan memutuskan untuk menggunakan sebuah produk baik berupa barang maupun jasa. Selain daripada mereka membutuhkannya, konsumen juga menginginkan informasi yang benar dan lengkap mengenai produk yang akan mereka gunakan.
Dengan mendapatkan informasi yang benar dari produk, konsumen dapat mengambil keputusan yang tepat untuk membeli atau tidak. Untuk itu, para produsen harus mampu memberikan informasi terkait produk dengan sedetail dan seakurat mungkin, apakah produk yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak.
Konsumen Lebih Transparan, Pelaku Usaha Mendapat Keuntungan
Dengan adanya proses pembuatan barang dan jasa yang telah memenuhi standar market conduct, konsumen akan lebih transparan dalam memilih produsen mana yang akan mereka pilih.
Jika Anda mampu menjadi produsen yang terbuka dan memberikan informasi produk kepada konsumen dengan detail, dampak baiknya adalah Anda akan mendapat keuntungan dari konsumen-konsumen yang sudah menaruh kepercayaan kepada Anda.
Melindungi Kepentingan Konsumen
Tidak semua konsumen mendapatkan literasi yang cukup atas barang dan jasa yang ditawarkan. Bisa jadi konsumen hanya tahu sekilas tanpa tahu risiko atau aspek-aspek lainnya dari produk. Untuk melindungi kepentingan konsumen, beri informasi dengan lengkap dan sejelas-jelasnya terkait produk Anda.
Semakin Anda Terbuka, Konsumen Semakin Loyal
Di sisi lain, saat Anda memperkuat Market Conduct, Anda juga akan memperkuat kredibilitas dan reputasi produk Anda di mata konsumen sehingga dampaknya, konsumen Anda akan semakin loyal terhadap produk yang Anda tawarkan.
Mengurangi Jumlah Pengaduan (Complain)
Selain meningkatkan loyalitas, Market Conduct juga dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pengaduan atau complain yang berlebihan terkait ketidapuasan mereka terhadap produk yang Anda tawarkan.
Itu dia pentingnya Market Conduct baik untuk konsumen maupun produsen. Jangan lupa untuk selalu perbaharui informasi Anda seputar Bisnis, Leadership, Digital Marketing dan Human Resource hanya di Master Kinerja.
Ikuti pula program kelas eksklusif, Sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP dan Master Kinerja. Klik disini untuk cari tahu informasi selanjutnya.