Bangun Citra Baik di Mata Calon Karyawan dengan Employer Branding
Employer Branding penting dilakukan oleh setiap perusahaan agar mereka dapat mempertahankan karyawan yang melamar ke perusahaan Anda sehingga Anda dapat menarik kandidat terbaik sebagai calon karyawan Anda dengan cara membangun reputasi perusahaan di depan kandidat-kandidat calon karyawan perusahaan Anda. Strategi ini biasanya dilakukan oleh pemangku penting di perusahaan seperti HR Manager, CEO, divisi Marketing sampai Brand Advocates.
Anda pasti pernah mengalami atau melihat kejadian datang ke sebuah perusahaan untuk melakukan interview, kemudian ketika Anda datang, hanya sedikit pelamar yang datang, atau banyak pelamar yang mendaftar namun kenyataannya, hanya sedikit yang datang untuk melakukan interview. Bahkan, ada pula kejadian ketika pelamar sudah di tawari job offering namun memiliki mundur karena melihat tingginya tingkat turnover di perusahaan tersebut.
Nah, disini lah peran Employer Branding bekerja. Perusahaan akan membangun, meningkatkan dan menjaga persepsi positif perusahaan kepada para calon karyawan maupun karyawan yang ada di perusahaan. Sehingga dengan begitu, perusahaan dapat memunculkan kesan attraction and engagement kepada pihak eksternal bahwa perusahaan yang mereka pilih adalah perusahaan yang baik, tepat dan diinginkan untuk menjadi tempat baru Anda bekerja.
Lalu, apakah perusahaan penting untuk melakukan Employer Branding? Sepenting apa dan seberapa manfaat nya Employer Branding untuk perusahaan? Simak ulasannya di bawah ini.
Membangun Citra Positif Perusahaan di Mata Calon Karyawan
Employer Branding dilakukan dengan tujuan utama yakni untuk membangun citra positif di mata para pencari kerja atau kandidat calon karyawan. Bisa dilakukan dengan memerkan reputasi positif seperti budaya kerja, flow kerja, aktivitas kerja para existing karyawan setiap hari nya serta visi dan misi perusahaan.
Perusahaan harus mampu membangun citra diri nya dengan sebaik mungkin agar perusahaan tidak kehilangan kepercayaan dari calon karyawan dan mereka memiliki mindset yang baik kepada perusahaan sehingga mereka akan konsisten untuk mengikuti proses rekrutmen hingga onboard apabila mereka diterima di perusahaan.
Membantu Menjaring Karyawan Potensial
Selain untuk membangun citra positif sehingga mampu menarik perhatian calon-calon karyawan sebanyak-banyaknya, Employer Branding juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan karyawan-karyawan yang potensial. Ketika perusahaan Anda dapat melakukan branding yang kuat dan dapat memberikan rasa kepercayaan tinggi kepada calon karyawan, setidaknya akan ada 50% pelamar yang potensial dan berkualitas.
Jadi, bukan hanya mendapatkan karyawan yang memiliki loyalitas tinggi, dengan strategi Employer Branding, Anda juga bisa mendapatkan calon calon karyawan yang loyal dan potensial lebih banyak yang sesuai dengan kriteria perusahaan.
Reputasi Perusahaan Lebih Penting Daripada Nominal Gaji
Meskipun nilai gaji jadi hal yang penting bagi karyawan dan menjadi hal yang paling dipertimbangkan saat mereka akan menerima sebuah tawaran pekerjaan, namun jika perusahaan tidak memiliki reputasi yang baik meskipun mereka menawarkan nilai gaji yang tinggi, banyak diantara karyawan yang memilih untuk mundur dan tak mengambil tawaran tersebut.
Ini berarti, Employer Branding menjadi sangat penting untuk Anda lakukan agar karyawan bukan hanya dijanjikan nilai gaji yang sebanding dengan tugas dan tanggung jawab mereka nanti di perusahaan, tetapi juga mereka dapat memiliki lingkungan kerja yang sehat dan positif.
Mengurangi Biaya Iklan Perusahaan
Ketika Anda dan tim HR di perusahaan dapat memberikan Employer Branding yang baik di mata calon-calon karyawan Anda, di sisi lain Anda dapat menekan biaya iklan atau promosi terkait perusahaan Anda. Biasanya ini berlaku untuk perusahaan-perusahaan dengan skala besar.
Jadi, strategi ini bukan hanya dapat memikat calon karyawan tetapi juga dapat menguntungkan perusahaan secara finansial karena tidak perlu mengeluarkan budget untuk biaya promosi perusahaan.
Menjaga Loyalitas Karyawan
Employer Branding bukan hanya dilakukan untuk para calon karyawan saja, tetapi bisa juga Anda lakukan kepada karyawan-karyawan yang sudah berada di perusahaan (Existing Employee).
Jika Anda mampu membangun dan mempertahankan citra yang baik di mata para karyawan, maka mereka juga tidak akan berpaling ke perusahaan lain sehingga dengan begitu, perusahaan dapat menekan angka turnover atau pengajuan resign dari karyawan. Strategi Employer Branding yang bisa dilakukan perusahaan kepada karyawan yang sudah ada bisa berbentuk seperti penjaminan kesejahteraan karyawan, membangun budaya kerja yang menyenangkan, membentuk lingkungan kerja yang positif, membuat peraturan kerja yang saling menguntungkan dan lainnya.
Anda sudah lihat kan? Betapa banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika perusahaan Anda memiliki citra yang baik di mata karyawan dengan Employer Branding. Untuk melakukannya, Anda bisa mulai dengan menganalisis EVP atau Employee Value Positioning.
Kemudian, setelah itu Anda bisa menyusun langkah-langkah selanjutnya seperti memperlihatkan budaya, nilai-nilai, visi-misi perusahaan untuk membangun citra positif. Bisa diterapkan dengan membuat platform Social Media dan Website Anda lebih atraktif dengan menampilkan budaya kerja perusahaan Anda yang seru dan menyenangkan ke khalayak luas, memperkenalkan EVP dengan video atau konten-konten kreatif lainnya.
Dengan begitu, perusahaan Anda bisa mendapatkan calon-calon karyawan potensial dan Anda bisa mempertahankan minat mereka sampai proses onboard dilakukan. Dampaknya pasti, pertumbuhan perusahaan akan jauh lebih positif dengan hadirnya karyawan-karyawan potensial dan citra baik perusahaan yang telah dibangun.
Itulah dia sekilas tentang apa itu Employer Branding dan sepenting apakah perusahaan memilikinya. Jangan lupa untuk selalu perbaharui informasi Anda terkait Human Resource, MSDM dan bisnis hanya di Master Kinerja.
Ikuti juga kelas eksklusif bersertifikasi nasional dari BNSP, Sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP dan Master Kinerja. Klik disini untuk dapatkan informasi lebih lanjutnya.