Brand Awareness: Seberapa Penting Bagi Bisnis Dan Bagaimana Cara Membangunnya
Pasti sebagian dari kamu sering menyebut barang seperti Aqua, Odol, dan Indomie. Semua nama tersebut sebenarnya adalah merk produk yang telah melekat sehingga selalu digunakan untuk menyebutkan suatu produk yang serupa. Nama – nama tadi bisa dikatakan hasil nyata dari kekuatan brand awareness. Mungkin kamu bertanya apa yang dimaksud brand awareness dan bagaimana cara membangun brand awareness? Yuk simak penjelasannya sampai tuntas!
Apa Yang Dimaksud Brand Awareness?
Secara singkat brand awareness adalah kesadaran brand. Namun brand awareness diartikan sebagai suatu kemampuan konsumen untuk mengingat suatu produk sebagai bagian dari kategori produk yang serupa. Tanda yang biasa diingat meliputi brand, tagline, logo. Bisa dikatakan jika konsumen dapat mengingat suatu produk dengan baik, besar kemungkinan untuk konsumen membeli produk tersebut. Sebab, kebanyakan konsumen membeli produk yang sudah terkenal dan tidak asing bagi mereka.
Cara Membangun Brand Awareness
Brand awareness sangat penting untuk mempengaruhi mindset dalam mengingat suatu produk. Berikut ini cara yang bisa kamu coba untuk membangun brand awareness.
Manfaatkan Influencer
Saat ini sudah banyak influencer di berbagai sosial media. Buatlah kerjasama dengan influencer untuk mengiklankan produk kamu. Cara ini berpotensi untuk memperkenalkan bisnis kamu, menaikkan followers, bahwa mendapatkan penjualan.
Menjadi Sponsor
Menjadi sponsor adalah salah satu cara untuk produk kamu lebih dikenal masyarakat. Kamu bisa menjadi sponsor di beberapa kegiatan seperti pameran, pensi, seminar, dan yang lainnya. Pastikan kamu memasang logo dan juga nama di berbagai media seperti spanduk, brosur, kaos, agar bisnis kamu lebih dikenal banyak orang.
Maksimalkan Word of Mouth
Cara ini bisa dikatakan salah satu jenis marketing yang paling cepat dan praktis. Yang dimaksud word of mouth disini adalah cara untuk konsumen agar merekomendasikan suatu brand kepada orang lain secara online atau offline. Maka dari itu, kamu harus selalu melakukan inovasi dan beri layanan baik sebagai nilai tambah. Serta buatlah orang percaya dan yakin untuk merekomendasikan produk kamu.
Manfaatkan Sosial Media
Sudah hal umum bahwa sosial media sangatlah efektif untuk beriklan. Lewat sosial media, jangkauan iklan kamu akan lebih luas dan dikenal banyak orang. Kamu harus perkuat brand di sosial media dengan konten yang bermanfaat, menjual, dan juga menarik.
Itulah penjelasan tentang seberapa penting brand awareness bagi bisnis dan cara membangunnya. Selamat mencoba!