Cuan Melimpah dari Bisnis di Sosial Media

Bisnis di sosial media saat ini sedang menjadi tren baru di dunia pemasaran. Pasalnya, semenjak kehadiran teknologi yang berkembang sangat pesat membuat beberapa aspek ikut terkena dampak dari perkembangan teknologi, salah satu nya adalah pemasaran.

Kehadiran berbagai ruang sosial media seperti Facebook, Instagram, TikTok dan lainnya membuat para pebisnis mulai berbondong-bondong berpindah ke pemasaran digital menggunakan perantara sosial media. Ini karena sosial media memiliki kelebihan yang menguntungkan bagi para pebisnis yakni mampu menjangkau audiens lebih jauh dan luas sehingga prospek pendapatan pun lebih banyak untuk di dapat.

Namun beberapa pebisnis masih ada yang belum begitu paham bagaimana menggunakan sosial media sebagai sarana baru bagi mereka untuk berbisnis. Di artikel ini, kami akan memberikan Anda beberapa tips mudah untuk memulai bisnis di sosial media.

Tentukan Platform dan Kenali Target Pasar

Jika Anda sudah siap untuk memasarkan produk bisnis Anda di sosial media, hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah menentukan di platform apa sajakah Anda akan memasarkan produk bisnis Anda. Ada banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok dan masih banyak lagi.

Ada beberapa pilihan platform yang bisa Anda coba, seperti Instagram dan Facebook. Kedua platform ini sangat efektif untuk Anda yang ingin berjualan dengan mengedepankan foto produk dan konten agar bisnis Anda mampu menarik banyak audiens dari berbagai wilayah.

Setelah menentukan platform sosial media, langkah selanjutnya adalah kenali target pasar Anda dengan menganalisis nya. Seperti apakah target pasar yang Anda cari? Mulai dari umur, jenis kelamin, domisili, pekerjaan sampai hobi sekalipun, Anda harus dapat mengidentifikasi target pasar yang sesuai untuk produk bisnis Anda.

Melakukan Interaksi dengan Pembuatan Konten

Di sosial media, Anda tidak akan cukup berhasil jika hanya berfokus pada pendapatan atau cuan. Untuk dapat meraih cuan yang banyak sekaligus mendapatkan customer yang loyal, Anda perlu membangun komunikasi yang baik dengan mereka.

Anda bisa memulainya dengan membuat konten yang bersifat interaktif seperti games, qna dan lainnya. Anda juga bisa berbagi informasi yang ‘relate’ dengan produk bisnis Anda sehingga mereka akan lebih paham dengan produk bisnis yang Anda tawarkan. Cara ini baik untuk menjangkau audiens yang tidak begitu paham terhadap produk bisnis Anda.

Konsisten, Konsisten dan Konsisten!

Kunci dari semua tips adalah konsisten. Tidak mudah untuk mendapatkan audiens yang banyak di sosial media, untuk itu jangan menyerah dan teruslah melakukannya dengan rutin dan konsisten.

Bisnis tidak lepas dari berbagai halang dan rintang, untuk bisa sampai kepada kesuksesan, Anda harus memiliki tekad yang kuat agar tidak menyerah dan goyah saat menghadapinya. Persiapkan mental pebsinis yang kuat dan jangan lupa selalu perbaharui insight Anda agar Anda tidak tertinggal oleh pesaing.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisnis di sosial media. Dapatkan informasi dan tips bermanfaat seputar Bisnis, Entrepreneur dan Human Resource hanya di Master Kinerja. Jangan lupa juga ikuti Sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP dan Master Kinerja. Klik disini untuk tahu informasi terkait program.

Post a Comment