Kembangkan Skill Karyawan dengan Individual Development Plan
Individual Development Skill merupakan salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh Human Resource Departement sebagai bagian yang mengurus pengembangan Sumber Daya Manusia. Setiap karyawan yang ada di perusahaan Anda pasti ingin memiliki jenjang karir yang gemilang dan menjanjikan.
Namun, HRD tidak bisa memberikan begitu saja jabatan yang tinggi kepada karyawan. Perlu adanya evaluasi dan penilaian terlebih dahulu agar posisi yang nanti akan ditempati benar-benar diisi oleh karyawan yang tepat dan sesuai.
Disinilah IDP berfungsi, untuk memberikan penilaian dan menganalisis karyawan mana yang berhak untuk mendapatkan promosi dan mana yang masih harus mendapatkan bimbingan untuk bekerja lebih produktif lagi kedepannya.
Manfaat Penerapan Individual Development Plan
IDP bukan hanya memberikan manfaat bagi karyawan, tetap juga bagi perusahaan. Manfaat IDP bagi karyawan antara lain sebagai acuan untuk peningkatan kinerja, meningkatkan kredibilitas perusahaan serta membantu meningkatkan skill dan kemampuan karyawan dengan memberikan mereka pelatihan maupun pengembangan (training) agar seluruh karyawan bisa mendapatkan kesempatan jenjang karir yang baik.
Sedangkan, manfaat IDP untuk perusahaan adalah guna menyelaraskan kinerja karyawan dengan tujuan atau goals yang ingin dicapai oleh perusahaan, membangun keterlibatan karyawan dalam setiap momen agar lebih efektif, guna menjaga karyawan akan tetap fokus dan memberikan output yang sesuai dengan harapan perusahaan serta memudahkan departemen Human Resource untuk melakukan evaluasi dan penilaian karyawan secara berkala.
Mekanisme Penerapan Individual Development Plan
Penerapan Individual Development Plan dapat dilakukan dengan dua cara, manual dan otomatis menggunakan pemanfaatan aplikasi sistem Human Resource. Adapun mekanisme tahapan IDP yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
- Karyawan diharuskan mengisi catatan atau evaluasi yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab mereka di perusahaan
- Mempertemukan karyawan dengan pimpinan perusahaan. Fungsinya adalah untuk menanyakan lebih dalam seperti apa kinerja karyawan selama di perusahaan, apakah ada hal yang menghambat produktivitas nya atau tidak. Selain itu juga membahas tujuan perusahaan agar karyawan dapat bekerja berkesinambungan dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.
- Setelah karyawan dan pimpinan berdiskusi untuk rencana selanjutnya yang akan dilakukan. Tahapan terakhir adalah mengimplementasi apa yang sudah di diskusikan untuk setiap masing-masing bagian, baik tugas karyawan maupun tugas pimpinan.
Dengan Individual Development Plan, diharapakan karyawan dapat bekerja berkesinambungan dengan tujuan perusahaan. Jika goals perusahaan tercapai, karyawan pun akan merasa sama bangga nya dengan pimpinan.
Jangan lupa untuk selalu perbaharui informasi Anda tentang Human Resource, Leadership dan Bisnis hanya di Master Kinerja. Ikuti juga sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP. Informasi lebih lanjut terkait program sertifikasi, klik disini.