Ambil Keputusan Tepat dengan Kenali 5 Tahap Pemecahan Masalah
Tahap pemecahan masalah sangat penting di kuasai oleh seorang Human Resource Manager. Sebagai posisi yang paling tertinggi di departemen Human Resource, seorang HR Manager harus mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan adil, baik itu untuk perusahaan maupun untuk karyawan.
Berbagai masalah pasti akan terjadi di dalam perusahaan, dan hal tersebut sangat wajar terjadi. Itulah mengapa kemampuan problem solving menjadi nilai yang wajib dimiliki oleh seorang HR Manager. Ia harus paham tahap pemecahan masalah secara berurutan sehingga pada akhirnya, HR Manager mampu menemukan jalan keluar dan keputusan yang win-win solution untuk perusahaan dan juga untuk karyawan.
Seorang HRM yang memiliki kemampuan problem solving dengan memahami tahap pemecahan masalah yang baik akan dapat menyelesaikan berbagai macam isu dan permasalahan secara cepat dan efektif. Kemampuan memecahkan masalah adalah skill yang sangat dicari oleh di hampir banyak perusahaan. Untuk Anda yang ingin meningkatkan jenjang karir sebagai HR Manager, Anda perlu sekali menguasai skill dan tahap pemecahan masalah dengan baik.
Bukan hanya untuk memecahkan masalah yang terjadi di perusahaan, kemampuan pemecahan masalah juga penting untuk kehidupan personal Anda. Saat bekerja, Anda sendiri pasti sering mengalami masalah. Anda bisa lebih percaya diri dan tenang ketika menghadapi masalah di pekerjaan, kemudian berpikir secara tenang dan rasional untuk mendapatkan jalan keluar nya.
Jadi, skill problem solving benar-benar harus dimiliki oleh seorang HR Manager. Lalu, bagaimana caranya kita mampu memecahkan masalah dengan baik dan bijaksana? Mari kita belajar tahap pemecahan masalah yang baik dan benar. Baca artikel ini sampai habis ya!
Tahap Pemecahan Masalah : #1 Identifikasi Masalah
Tahap pemecahan masalah yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi masalah yang terjadi. Misalkan, Anda mendapatkan kondisi dimana kinerja dari tim di perusahaan mengalami penurunan. Anda pasti akan berpikir jika masalah tersebut terjadi karena para anggota tim Anda tidak bekerja dengan maksimal.
Namun, jika Anda mampu mengidentifikasi masalah dengan lebih dalam, bisa saja Anda menemukan alasan lain seperti kurangnya training kepada anggota tim, deadline yang terlalu mepet atau beban pekerjaan yang terlalu banyak.
Di tahap pemecahan masalah pertama inilah Anda belajar untuk tidak melihat masalah dari satu perspektif saja. Lihat dari banyak kemungkinan perspektif yang ada dan jangan terlalu cepat untuk mengambil kesimpulan.
Tahap Pemecahan Masalah: #2 Analisis Masalah
Setelah tahap pemecahan masalah pertama dilakukan, selanjutnya Anda harus menganalisis dan menemukan apa penyebab masalah tersebut terjadi. Oleh karena itu, Anda butuh untuk mengumpulkan dan mengevaluasi data tersebut sehingga Anda dapat menemukan fakta tentang mengapa masalah tersebut bisa terjadi serta menganalisis faktor yang berkontribusi sebelum masalah tersebut terjadi.
Tahap Pemecahan Masalah: #3 Brainstorming Solusi
Setelah penyebab masalah ditemukan, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan brainstorming dengan tim Anda untuk menemukan solusi yang memungkinkan. Lakukan brainstorming dengan pikiran yang tenang agar Anda dan tim dapat memutuskan masalah dengan rasional.
Buatlah beberapa alternatif keputusan jika strategi atau keputusan utama yang di implementasikan tidak berhasil. Anda bisa bertukar pikiran dengan tim yang mengalami penurunan performa kerja. Kemudian, Anda bisa bertanya apa solusi yang mereka miliki, sehingga nantinya Anda bisa membuat jalan tengah dari solusi yang mereka inginkan dengan solusi yang Anda inginkan.
Tahap Pemecahan Masalah: #4 Mengambil Keputusan Solusi yang Tepat
Ketika Anda sudah melakukan brainstorming dengan tim, selanjutnya Anda harus mulai memutuskan solusi yang tepat dan terbaik untuk masalah tim Anda. Jangan lupa untuk libatkan seluruh pihak terkait, seperti anggota tim, spv, leader dan pihak lainnya.
Tahap Pemecahan Masalah: #5 Mengambil Tindakan
Setelah solusi di putuskan, tahap pemecahan masalah yang terakhir adalah mengambil tindakan alternatif jika solusi yang Anda putuskan tidak berjalan dengan baik. Ketika solusi sudah ditemukan dan di implementasikan, Anda tetap harus mengelola dan mengevaluasi apakah solusi dapat berdampak baik, apakah solusi tersebut dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
Jika tidak, Anda harus kembali mencari solusi baru sampai masalah tersebut berhasil di selesaikan.
Itulah dia 5 tahap pemecahan masalah yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah di perusahaan dengan bijak dan efektif. Ingat, skill ini menjadi skill penting yang harus dimiliki seorang HR Manager dan bisa menjadi nilai plus untuk Anda yang ingin melamar kerja sebagai HR Manager. Jadi, pastikan Anda mulai mempelajari soft skill ini ya!
Perbaharui informasi terkait Human Resource hanya di Master Kinerja. Ikuti juga program exclusive training bersertifikasi nasional dari BNSP, Sertifikasi Human Resource Manager Bersama Master Kinerja dan BNSP. Klik disini untuk cari tahu informasi nya.