Cara Meningkatkan Skill Problem Solving, Selesaikan Masalah dengan Baik
Meningkatkan skill problem solving memang tidaklah mudah. Sebagai seorang pemimpin tim Human Resource di perusahaan, Anda memang diharuskan untuk meningkatkan skill problem solving karena ini merupakan soft skill yang wajib Anda kuasai agar Anda dapat menjadi seorang pemimpin yang dapat menyelesaikan setiap masalah di perusahaan dengan baik dan bijaksana serta mengambil keputusan terbaik di tengah-tengah keadaan yang sulit.
Jika bicara tentang cara meningkatkan skill problem solving, pada dasarnya skill problem solving erat kaitannya dengan berbagai soft skill lainnya seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan menganalisa dan mendengarkan, meneliti, menciptakan kreativitas, teamwork dan pengambilan keputusan.
Teknik yang digunakan untuk memutuskan sebuah keputusan pun ada beragam. Mulai dari Linear Thinking dimana ini merupakan teknik paling dasar dalam problem solving dengan cara menekankan pertanyaan ‘mengapa?’ untuk menemukan akar permasalahan. Kemudian, ada pula Design Thinking dimana teknik ini menekankan pendekatan dari sisi user, Anda menjadi pihak yang mendengarkan sisi yang berselisih paham kemudian selanjutnya Anda mencari solusi yang tetap dapat menguntungkan bagi kedua nya.
Ada pula Creative Problem Solving dimana sebagai seorang HRM, Anda dituntut untuk berpikir kreatif yakni mencari keseimbangan antara logika dan kreativitas. Disini biasanya Anda akan melakukan proses brainstorming dengan bawahan-bawahan Anda untuk memutuskan sebuah keputusan.
Terakhir, ada Solution-Based Thinking yaitu fokus pada apa yang sebenarnya diinginkan untuk berhasil. Jadi, Anda memecahkan masalah dengan fokus pada apa yang mereka inginkan harus berhasil.
Banyak sekali bukan teknik-teknik yang bisa Anda pilih untuk melakukan problem solving? Saat ini, tinggal bagaimana Anda melakukannya. Tentu saja, harus diikuti dengan beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan skill problem solving.
Apa saja trik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skill problem solving? Baca artikel ini sampai habis ya!
Perbanyak Pengetahuan Tentang Bidang Pekerjaan Anda
Trik pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan skill problem solving adalah memperbanyak pengetahuan tentang bidang pekerjaan yang Anda geluti.
Jika situasinya Anda adalah seorang Human Resource Manager, maka Anda harus mengetahui tren apa saja yang terjadi di seputar bidang Human Resource. Perdalam pengetahuan teknis di bidang pekerjaan yang Anda geluti karena dengan memiliki pengetahuan yang kuat dan dalam, Anda akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi.
Mengubah Pola Pikir Dalam Melihat Sebuah Masalah
Trik kedua dalam meningkatkan skill problem solving adalah cobalah untuk mengubah pola pikir Anda dalam melihat masalah. Alih-alih melihat masalah sebagai beban yang harus Anda singkirkan dan hindari, Anda bisa mengubah pola pikir dengan memandang masalah tersebut sebagai tantangan Anda dan tim untuk tumbuh.
Dengan pola pikir yang lebih positif, Anda tidak akan terlalu stress dalam memikirkan cara untuk menyelesaikan masalah dan Anda juga akan lebih mudah menemukan solusi yang tepat untuk masalah Anda.
Berlatih Untuk Menyelesaikan Masalah
Trik yang ketiga adalah selalu berlatih untuk meningkatkan skill problem solving Anda. Bisa dengan belajar melalui buku-buku praktik yang professional atau juga mencari beberapa skenario kasus problem solving di internet.
Carilah contoh-contoh kasus yang berkaitan dengan pekerjaan Anda, dan belajar untuk mengetahui solusi apa yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Belajar Cara Bagaimana Orang Lain Menyelesaikan Masalah
Cara termudah dalam meningkatkan skill problem solving adalah dengan melihat kasus nyata di hadapan Anda secara langsung. Ketika bagian lain di perusahaan Anda sedang mengalami masalah, amati cara pemimpin mereka dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.
Dengan begitu, Anda bisa belajar dari contoh nyata dan hal tersebut bisa menjadi inspirasi yang bermanfaat bagi pengembangan kemampuan problem solving Anda di perusahaan maupun di pekerjaan terkait Anda.
Gunakan Metode Mind Mapping
Metode Mind Mapping bisa menjadi kemampuan yang harus Anda kuasai untuk meningkatkan skill problem solving Anda. Metode ini dapat membantu Anda memetakan berbagai informasi yang Anda punya, kemudian Anda petakan agar Anda dapat lebih mudah memahami masalah yang terjadi.
Berlatih Kemampuan Berkomunikasi
Skill yang satu ini merupakan hal yang paling utama agar Anda dapat meningkatkan skill problem solving dengan sangat baik. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, akan sangat membantu Anda dalam menganalisa dan menangani masalah sampai selesai, apalagi jika masalah tersebut melibatkan orang lain.
Itulah dia beberapa kemampuan dan trik yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan skill problem solving Anda sehingga Anda dapat menguasai soft skill ini dan menjadi seorang pemimpin dengan skill problem solving terbaik.
Ingat, jangan fokus pada masalah, tetapi fokuslah pada solusi yang akan Anda putuskan. Jangan biarkan pikiran Anda terjebak pada masalah, karena jika Anda terlalu fokus pada masalah, justru akan memberikan rangsangan negatif ke otak sehingga akan menghambat Anda dalam menemukan solusi.
Jadi, sikapi masalah dengan pikiran positif, tenang serta fokus pada solusi. Perbaharui selalu informasi Anda terkait edukasi dan tips seputar Human Resource di Master Kinerja. Jangan lupa untuk ikuti juga pelatihan eksklusif bersertifikasi nasional dari BNSP dan Master Kinerja di Sertifikasi Human Resource Manager. Klik disini untuk tahu informasi selanjutnya mengenai program sertifikasi.