Pentingnya Kuasai Digital Leadership Di Era Transformasi Digital
Digital Leadership, kepemimpinan yang mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan teknologi menjadi kunci solusi khususnya bagi dunia bisnis dan usaha untuk siap menghadapi hadirnya era disruptif. Karena bagaimanapun juga, kita tidak bisa menolak kehadiran transformasi digital.
Mau tak mau, perusahaan harus sudah siap untuk bergandengan tangan dan berjalan bersama-sama dengan perubahan zaman dan teknologi.
Seberapa penting sebenarnya bagi para pemimpin untuk memiliki dan menguasai skill ini? Akan kami ulas berikut ini.
Kenapa Sih Digital Leadership Itu Penting?
Digital dan Leadership, kedua komponen penting ini saling berkesinambungan untuk membantu Anda menghadapi berbagai tantangan di era perubahan. Pada dasarnya, setiap orang memiliki potensi untuk menjadi seorang leader namun tak semua orang mampu mengembangkan potensi leadership dalam dirinya.
Seorang pemimpin di era digital wajib untuk memiliki skill yang bisa menciptakan solusi bagi setiap permasalahan di era perubahan zaman dan digital. Pemikirannya pun haruslah strategis dan visioner dengan mampu melihat dan memprediksi tantangan serta kesempatan yang ada di masa depan nanti. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan menguasai skill ini.
Seperti Apa Skill Digital Leadership Itu?
Jika Anda berpikir bahwa kemampuan Digital Leadership itu bagaimana seseorang pemimpin mampu mengoperasikan komputer, ahli dalam programmer dan coding, itu semua salah.
Digital Leadership ialah bagaimana seorang pemimpin menguasai skill memimpin sebuah organisasi atau perusahaan dengan memanfaatkan teknologi di era digital. Tujuannya, guna mencapai target dan tujuan organisasi.
Pada era transformasi digital, pemimpin dengan skill ini harus bisa bekerja bersama dengan tim menjadi seorang digital leader dengan satu tujuan yang sama, mampu bertahan dan bersaing di tengah sengitnya perubahan zaman.
Skill Yang Harus Dimiliki Pemimpin
Selain memiliki agility, kreativitas dan kemampuan untuk mampu menjembatani tim, skill lainnya yang harus dikuasai adalah berpikir inovatif dan berkolaborasi. Cara pemimpin berkolaborasi dapat menggunakan beberapa metode, seperti ‘client teams’ , ‘crowdsourcing’ dan hackathon. Oleh karena itu, dapat ditemukan solusi yang benar-benar terbaru sesuai dengan tantangan di era digital.
Beragam training kelas di Master Kinerja dapat membantu Anda menaikkan level skill kepemimpinan Anda khususnya bagi Anda yang ingin menumbuhkan skill ini. Mulai dari kelas Digital Human Capital For Industry 4.0 sampai Leadership 4.0 For Executive In Digital Era.
Temukan kelas training yang Anda inginkan disini. Perbaharui juga informasi mengenai berita seputar digital marketing di Instagram kami.