konsep upskilling

Pentingnya Penyesuaian HR Manager Saat Hadapi Pandemi

Penyesuaian HR Manager menjadi kunci penting bagi seluruh perusahaan saat menghadapi guncangan pandemi yang belum menunjukkan titik terang akan berakhir. Perusahaan akan banyak bergantung pada bagian Human Resource Development (HRD) untuk merencanakan business continuity serta pengaturan kebijakan Work From Home bagi karyawan.

Penyebaran pandemi yang begitu cepat membuat perusahaan kewalahan untuk beradaptasi. Maka dari itu, peran HR Manager untuk melakukan penyesuaian sangat perlu untuk menciptakan situasi yang kondusif dan produktif bagi karyawan.

Lalu seperti apa langkah penyesuaian HR Manager yang harus dilakukan saat menghadapi pandemi ini? Yuk mari kita ulas bersama.

1. Utamakan Keselamatan Karyawan

Penyesuaian HR Manager yang pertama adalah mengutamakan keselamatan karyawan. Sebagai seorang HR Manager, Anda perlu menganggap seluruh karyawan adalah aset penting bagi perusahaan. Keselamatan mereka saat bekerja di situasi pandemi perlu mendapatkan perhatian khusus.

Kebijakan perusahaan haruslah mengutamakan aspek keselamatan tersebut. Anda dapat membuat sebuah daftar checklist tentang apa saja yang harus diperhatikan pada kondisi krisis seperti ini.

2. Membuat Survey Kecemasan Karyawan

Saat Anda sudah memutuskan untuk membagi kapasitas karyawan yang WFO dan WFH, Anda juga perlu membuat sebuah survey untuk mengetahui seberapa cemas para karyawan menghadapi kebiasaan kerja baru ini.

Tak menutup kemungkinan, WFH justru malah bisa membuat karyawan mereka tertekan, depresi, kelelahan dan dampak psikologis lainnya. Untuk itu, hasil survey ini nantinya bisa Anda analisa untuk menentukan tindakan apa yang harus Anda lakukan bagi kebaikan karyawan.

3. Ciptakan Alur Komunikasi yang Sederhana Namun Sering

Penyesuaian HR Manager selanjutnya yakni menciptakan alur komunikasi jarang jauh yang simple namun frekuensinya sering. Anda bisa membuat chat kelompok (group chat) melalui Whatsapp, Line ataupun Zoom.

Tujuannya selain memantau produktivitas karyawan agar tetap stabil, juga untuk memberikan motivasi bekerja kepada karyawan. Meski sedang menghadapi masa sulit, Anda tetap harus memberikan suasana positif bagi mereka agar mereka tetap semangat dalam bekerja dan produktif.

4. Status Pengupahan dan Waktu Kerja Harus Jelas

Sebagai seorang HR Manager, Anda perlu memastikan status pengupahan dan waktu kerja mereka tetap berjalan baik dan jelas. Jangan sampai Anda mengatur waktu kerja bagi karyawan yang bekerja dari rumah terlalu lama atau tidak sesuai dengan jam kantor pada umumnya.

Yang ada justru karyawan Anda akan merasa kelelahan dan depresi karena jam kerja yang terlalu melenceng dan Work Life Balance nya menjadi berantakan.

Itulah langkah-langkah penyesuaian yang perlu dilakukan HR Manager. Ada banyak perusahaan yang sedang menghadapi masa-masa sulit nya saat ini, namun semua bisa tertangani dengan baik jika HR Manajer bersama staff lainnya bisa bersatu untuk tetap menjalankan perusahaan dengan normal.

Bagi Anda yang masih membutuhkan bimbingan untuk menjadi menjaga maupun meningkatkan kredibilitas Anda sebagai HR Manager di tengah masa pandemi, Anda bisa mengikuti program kelas Human Resource Manager Sertifikasi dari Digital Marketing School. Kunjungi website atau Instagram kami untuk informasi lebih lengkap mengenai kelas.

Post a Comment