Prospek Karir Human Resource, Dari General Sampai Jadi Spesialis!

Karir Human Resource bisa dibilang menawatkan jenjang karir yang menarik untuk berbagai posisi, mulai dari posisi di bagian generalis sampai posisi spesialis.

Tidak heran karir Human Resource banyak peminat, meskipun bagian ini tidak boleh dipegang oleh orang-orang sembarangan karena departemen Human Resource memegang peranan penting untuk khusus untuk manajemen Sumber Daya Manusia, mulai dari proses perekrutan, onboard atau training, pengelolaan, pengevaluasian sampai proses resignation bagi karyawan-karyawan yang ingin mengundurkan diri dari perusahaan.

Bahkan, pada kaum Fresh Graduate, posisi di bagian Human Resource menjadi incaran mereka. Selain memiliki karir yang baik, bagian Human Resource juga menawarkan kesempatan bagi mereka para fresh graduate yang jika bekerja di bagian entry-level Human Resource untuk mengasah kemampuan teknis mereka guna mendukung pekerjaan mereka sebagai Human Resource Staff yang baik.

Human Resource memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan perusahaan lewat pengelolaan kinerja Sumber Daya Manusia yang tepat. Seseorang yang bekerja di departemen ini harus bisa siap menghadapi lingkungan bisnis yang dengan cepat berubah, permintaan karyawan dengan spesifikasi yang lebih besar, harus mampu merencanakan dan mengembangkan program dari manajemen, memahami skema pengupahan, berjaring dengan stakeholder, memahami peraturan ketenagakerjaan hingga mengikuti kondisi terkini.

Nah, Karir Human Resource sendiri terbagi bagi antara bagian Generalis dan Spesialis. Seorang HR Generalis memiliki tanggung jawab yang bervariasi bukan hanya sekedar melakukan tugas-tugas administratif. Beberapa tanggung jawab mereka antara lain seperti menangani proses rekrutmen, mengatur tunjangan dan kompensasi, mengelola hubungan yang baik dengan karyawan.

Sedangkan HR Spesialis memiliki tanggung jawab yang tidak jauh seperti HR Generalis, namun perbedaannya, HR Spesialis biasanya diberi kewenangan untuk menangani proyek tertentu. Misalnya seperti program training karyawan, program pertukaran karyawan, melakukan resolusi konflik hingga meng-screening kandidat karyawan baru. Biasanya bagian Spesialis diisi oleh orang-orang yang sudah bekerja minimal dua tahun di bagian Generalis.

Bicara tentang Karir Human Resource, divisi HR memiliki beragam macam posisi dengan tugas-tugas yang spesifik di bidang Sumber Daya Manusia. Ini bisa menjadi pilihan Anda yang ingin memiliki posisi di departemen Human Resource. Baca sampai akhir artikel ini ya!

Staff Rekrutmen

Karir Human Resource yang pertama adalah Staff Rekrutmen. Di bagian ini, Anda akan diberi kewenangan untuk melakukan tugas-tugas perekrutan karyawan seperti membuat flyer lowongan kerja, menyebarkan lowongan kerja ke portal pencarian kerja atau media sosial, menghubungi calon kandidat untuk datang ke undangan interview, melakukan wawancara dan tes, menyiapkan kontrak dan perjanjian kerja sampai menyusun laporan

Staff Payroll

Kedua ada Staff Payroll. Bagian ini akan bertugas untuk menghitung gaji para karyawan sehingga kemampuan accounting dan berhitung sangat diperlukan bagi siapa saja yang ingin menempati posisi ini. Staff Payroll juga harus memahami regulasi sistem penggajian dan mahir dalam mengoperasikan software penggajian atau Microsoft Excel.

Training and Development Specialist

Ketiga adalah bagian Training and Development Specialist. Bagian ini akan berfokus pada pekerjaan dalam menangani program training atau pelatihan bagi karyawan. Pengembangan penting dilakukan agar karyawan selalu tumbuh dan memiliki performa yang baik dalam bekerja.

Selain itu, bagian Training and Development Specialist juga memiliki tugas lain seperti mengatur prosedur training, mengelola internal training sampai membantu menjalinkan hubungan yang baik antara karyawan baru dengan senior atau atasan mereka.

Business Partner

Karir Human Resource yang satu ini berada pada level yang lebih atas dari entry-level, dimana seseorang yang bekerja di bagian Business Partner harus mampu berjejaring dengan para stakeholder atau client dan merencanakan bisnis perusahaan agar lebih terarah dan mampu bersaing di masa depan. Mereka juga biasanya yang bekerja untuk membentuk kebijakan perusahaan dan mengawasi SDM.

Industrial Relations Manager

Kemudian, karir Human Resource yang berada di tingkatan atas lainnya adalah bagian Industrial Relations Manager. Bagian ini bertugas untuk menjadi jembatan antara perusahaan dan para karyawan. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mendorong karyawan mencapai kinerja mereka yang lebih baik lagi.

Mereka juga memilik tugas untuk membangun hubungan konstruktif dengan semua pemangku keepntingan, memahami manajemen dan ketenagakerjaan, meninjaju peraturan ketenagakerjaan serta memastikan peraturan yang telah direncanakan, diputuskan dan disahkan berjalan baik dan tak dilanggar oleh satupun karyawan.

HR Manager

Nah, karir Human Resource ini merupakan salah satu bagian yang akan sering Anda temui hampir di semua perusahaan. HR Manager memiliki tugas yang lebih kompleks daripada mereka yang berada di bagian Staff. HR Manager harus mampu mengarahkan semua anggota tim di perusahaan untuk bekerja secara produktif, bertanggung jawab untuk memecahkan berbagai masalah yang terjadi di perusahaan serta berkoordinasi dengan jajaran direktur dalam urusannya terkait manajemen dan MSDM.

Itu dia beberapa bagian yang menjadi karir Human Resource. Anda bisa berkarir di bagian Human Resource mulai dari posisi entry-level sampai managerial-level. Tentunya, semakin tinggi posisi Anda, akan semakin menantang tugas dan tanggung jawab Anda.

Ikuti selalu perkembangan ter-update seputar Human Resource hanya di Master Kinerja. Anda juga bisa mengikuti program pelatihan bersertifikasi eksklusif Sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP dan Master Kinerja. Info lebih lanjut terkait pelatihan, klik disini.

Post a Comment