Strategi Human Experience Management Untuk Masa Depan Perusahaan Gemilang
Human Experience Management, belum banyak orang bahkan manajemen perusahaan sendiri pun masih begitu asing dengan istilah ini. Ya, HXM merupakan istilah yang baru muncul akhir-akhir ini. HXM sendiri muncul di tengah pandangan HCM yang hanya fokus pada pengembangan sumber daya manusia saja.
Sedangkan, para SDM sendiri membutuhkan lingkungan kerja yang dapat selalu mendukungnya untuk bekerja secara produktif sehinga tercipta pengalaman bekerja yang positif. Inilah yang menjadikan masa depan Human Resource perlahan mulai berpindah ke Human eXperience Management atau HXM.
Dengan HXM, tugas Human Resource semakin mengerucut menjadi bagaimana mereka merencanakan strategi agar dapat memberikan pengalaman kerja yang ideal dan positif agar karyawan selalu ‘engage’ dengan perusahaan.
Lalu, mengapa HXM penting untuk diterapkan sesegera mungkin? Apakah dengan penerapan Human Experience Management perusahaan dapat bertahan di masa depan? Baca artikel nya di bawah ini.
Membangun Budaya Perusahaan yang Lebih Positif
Hakikatnya, perusahaan merencanakan budaya perusahaan agar semua orang yang berada di dalam perusahaan dapat bekerja sesuai dengan budaya yang diterapkan.
Dengan adanya HXM, HR dapat membangun budaya perusahaan yang lebih positif, bukan hanya bagaimana karyawan harus bersikap selama bekerja di perusahaan tetapi bagaimana manajemen juga memperlakukan karyawan dengan baik.
Sehingga dengan begini, karyawan akan merasa bahwa manajemen betul-betul peduli dengan mereka, bukan hanya menuntut mereka untuk bekerja sesuai harapan perusahaan. Win-win solution, bukan?
Memberi Kesempatan Karyawan Untuk Tumbuh dengan Upskilling
Kita tahu bahwa dunia kerja terus berevolusi seiring berkembangnya zaman dan teknologi. Selain membentuk budaya kerja yang baik, perusahaan juga harus dapat memikirkan pengembangan skill dari setiap karyawan.
Inilah yang membuat fasilitas upskilling atau reskilling menjadi sangat penting karena bukan hanya bermanfaat untuk pengembangan karir dan membuka potensi tersembunyi karyawan saja, tetapi juga dapat mempertahankan mereka di perusahaan serta membawa perusahaan untuk kuat bersaing lewat pengaplikasian skill-skill baru yang dipelajari oleh karyawan.
Kehadiran Empati Perusahaan Terhadap Kondisi Karyawan
Keadaan lingkungan kerja yang penuh tekanan tidak dipungkiri membuat banyak karyawan merasa lelah dan akhirnya memicu terjadinya stress yang berlebihan. Tidak sedikit juga karyawan yang menjadi susah untuk menerapkan work-life balance karena tuntutan pekerjaan yang semakin besar.
Di masa sulit seperti itu, HXM hadir untuk memberikan suasana yang lebih baik. HR harus mampu menjadi tempat karyawan dalam mencurahkan apapun yang mereka rasakan tanpa takut. HR juga tidak boleh berpihak kepada siapapun yang memberatkan keadaan karyawan.
Dengan HXM, HR diharapkan mampu menciptakan lingkungan kerja yang minim stress namun tetap produktif sehingga aktivitas perusahaan tetap berjalan baik.
Bagaimana? Human Experience Management sangat penting untuk diterapkan di perusahaan Anda, bukan? Jangan sampai Anda kehilangan karyawan Anda, ya.
Jangan lupa untuk perbaharui informasi terbaru mengenai Human Resource, Leadership dan Bisnis hanya di Master Kinerja. Ikuti juga kelas eksklusif, Sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP. Klik disini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program sertifikasi.