10 Sifat yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Pemimpin (Bagian 2)

1. Kejujuran

Pemimpin yang jujur membuat karyawan bekerja dengan tenang. Setiap perkataan yang diucapkan oleh Anda, karyaan yakin bahwa Anda sudah mengatakan hal yang sebenarnya dan juga dapat dipertanggung jawabkan.

Jika pemimpin tidak memiliki sifat jujur, setiap perkataan yang diucapkan akan selalu menjadi pertanyaan bagi karyawan. Karyawan berpikir bahwa yang sudah dikatakan, semuanya bohong belaka. Andaikan ada hal yang memang harus dirahasiakan, setidaknya berikan penjelasan pada karyawan apa alasan Anda untuk merahasiakan hal tersebut.

Baca juga:

2. Percaya Diri

Bagaimana Anda bisa memimpin karyawan apabila sebagai pemimpin tidak memiliki rasa percaya diri? Hal tersebut dapat membuat karyawan jadi bertanya-tanya apakah mereka dipimpin oleh pemimpin yang tepat.

Sudah menjadi hal yang wajar bahwa seorang pemimpin harus memiliki sikap percaya diri. Dengan sikap percaya diri membuat karyawan tetap yakin bahwa masalah seperti apapun pasti akan ada jalan keluarnya.

3. Komitmen

Jangan berharap karyawan bisa bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan apabila Anda sendiri sebagai pemimpin tidak bisa memberikan contoh yang baik. Untuk menjalankan peruhsahaan agar bisa maju, diperlukan yang namanya komitmen.

Pemimpin harus memiliki komitmen tinggi untuk membuat perusahaan maju, dampaknya bisa membuat karyawan menaruh rasa hormat pada Anda. Dengan pemimpin yang berkomitmen tinggi pada perusahaan, karyawan dapat mencontoh sikap tersebut.

4. Sikap Positif

Orang yang hanya bisa berpikir negatif biasanya sulit disukai oleh orang-orang. Sama halnya dengan seorang pemimpin. Pikirkan saja apabila seorang pemimpin selalu pesimis dalam menular pada orang-orang sekitar. Tentu saja masalah tersebut tidak akan pernah ketemu jalan keluarnya.

Jika pemimpin mau tim atau perusahannya berhasil, maka orang itu harus bisa memberikan sikap positif pada para karyawan. Tunjukkan bahwa seorang pemimpin bisa menemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Jika Anda justru sudah menyerah ketika menghadapi suatu masalah, apa jadinya nasib perusahaan?

Baca juga:

5. Tahu Cara Berkomunikasi yang Baik

Memiliki ide brilian tidaklah berguna jika Anda tidak tahu bagaimana cara menyampaikannya pada orang. Seorang pemimpin yang tidak memiliki skill dalam berkomunikasi bisa menjadi masalah besar. Jika Anda kesulitan saat berkomunikasi, bagaimana caranya menyampaikan visi dan misi perusahaan?

Tentu saja ketidakmampuan berkomunikasi akan membuat perusahaan akan berjalan lambat. Karyawan jadi diharuskan untuk menebak jalan pikiran Anda yang rumit tersebut. Dengan komunikasi yang baik, karyawan bisa lebih paham akan maksud yang Anda inginkan.

Post a Comment