7 Jurus Jitu Menjaga Kekompakan Tim di Perusahaan Startup

Seperti pada bisnis lainnya, startup juga dapat mengalami masa naik dan turun tanpa diduga. Karenanya setiap pemimpin dalam bisnis ini harus cerdik dalam memilih prioritas untuk dilakukan bersama tim dan mana yang harus ditinggalkan. Kepemimpinan yang tepat akan membawa tim ke arah yang lebih positif dan produktif.

Berikut 7 tips produktivitas kerja yang dapat ditiru dalam menjalankan tim di perusahaan startup:

1. Ciptakan Kultur Berkelas

Tidak ada yang membuat banyak orang betah bekerja kecuali dari kultur kerja yang tercipta di dalamnya. Menciptakan nuansa kerja yang tidak termotivasi dan membosankan dapat membahayakan perusahaan dalam beberapa waktu. Sedangkan bagi startup, membangun kultur kerja yang kuat, menyenangkan, dan penuh motivasi dapat membangkitkan semangat kerja tim.

2. Rapat dan Dsikusi Secara Rutin dan Berkala

Cara termudah menjaga kekompakan dan semangat tim adalah dengan menggelar pertemuan rutin. Tetap berada di tujuan yang sama dan saling mengingatkan semangat menjadi kunci sukses setiap bisnis. Namun tanpa adanya ketertarikan lebih dalam hanya akan mengurangi komunikasi dan melemahnya semangat tim. Menjaga komunikasi dengan tim juga dapat menunjukkan perhatian bahwa Anda pemimpin yang peduli pada tim. Baik dari segi kesejahteraan tim, perasaan di lingkungan kerja, maupun masalah yang dapat diselesaikan bersama.

3. Jadwalkan Makan Siang Bersama Tim Secara Reguler

Bila Anda adalah seorang pemimpin pada sebuah startup menjadwalkan setidaknya seminggu atau dua minggu sekali menghabiskan waktu makasn siang bersama dengan tim nampaknya bukan suatu hal yang sulit.

Baca juga: 5 Tips Efektif Menjaga Kekompakan Tim Kerja di Kantor

4. Libatkan Tim dalam Segala Hal Terkait Bisnis

Memberikan update perkembangan perusahaan kepada seluruh tim dapat meningkatkan rasa memiliki dalam perusahaan yang kian kuat. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda sebagai pemimpin memiliki kepercayaan kepada tim bahwa masing-masing individu memberikan pengaruh kuat dalam membangun perusahaan.

Dengan perasaan tersebut, akan berdampak pada motivasi dan produktivitas yang lebih tinggi. Tentunya perusahaan akan berpotensi tumbuh ke arah positif dengan langkah ini.

5. Berjalan Beriringan dan Sama-sama Melangkah Maju

“Menjadi pemimpin berarti Anda harus mengambil keputusan dan langkah yang diambil perusahaan. Anda tidak harus memaksa karyawan dengan keras tentang hal yang perlu dilakukan, cukup berikan motivasi pada mereka dan ingatkan dengan pelan. Memang beban yang ditanggung pemimpin jauh lebih berat, namun akan lebih menyenangkan bila tim dapat mencapai kesuksesan bersama.”

6. Jangan Bosan Ingatkan Visi yang Ingin Dicapai dengan Tim

Menjalankan sebuah perusahaan startup merupakan sebuah tantangan bagi pemimpin, karena banyaknya hal yang perlu dilakukan dengan tim minim. Mengingatkan lagi visi kesuksesan juga dapat dilakukan dengan rasa empati dan penghargaan kepada tim. Pahami kesulitan yang dilakukan oleh tim dan beri mereka penghargaan saat berhasil mencapai visi perusahaan.

7. Selalu Sediakan Kopi dan Cemilan

Salah satu faktor pendukung semangat kerja adalah minuman berkafein, yakni teh dan kopi. Selalu sediakan ini di perusahaan dengan cuma-cuma agar seluruh tim mendapatkan energi tambahan dengan mudah, kapanpun dibutuhkan. Sediakan pula cemilan kecil dan minuman non-kafein bagi mereka yang kurang menggemari minum teh dan kopi.

Dapat disimpulkan bila elemen terpenting dalam menjaga kekompakan tim adalah dengan membuat suasana kerja senyaman mungkin dan menjunjung prinsip kekeluargaan agar timbul tanggung jawab dengan rasa memiliki yang kuat di perusahaan startup Anda.

Baca juga: Ciri-ciri Leadership yang Perlu Dihindari

Post a Comment