Customer Persona dalam Bisnis Online
Apakah Anda benar-benar tahu siapa pembeli Anda? Apakah Anda memahami motivasi mereka untuk membeli produk atau jasa Anda? Jika jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah “tidak”, maka diperlukannya untuk Anda belajar memahami persona dan customer persona untuk mengembangkan bisnis online Anda. Masalah utama dari ribuan e-commerce dan bisnis online adalah dalam hal pemasaran dan pengembangan produk. Lebih lagi, hal tersebut dikarenakan mereka tidak dapat memahami atau mendefinisikan target pemasaran mereka.
Untuk memecahkan masalah tersebut, Anda perlu menggali lebih dalam dan mendapatkan pemahaman penuh dari pelanggan Anda. Disinilah pentingnya memahami customer persona.
Baca juga: Manfaat dan Kegunaan Facebook Canvas
Customer persona membantu Anda mengidentifikasi siapa target pelanggan Anda, apa yang penting bagi mereka, dan di mana untuk menemukan mereka.
Jadi bagaimana caranya Anda dapat menemukan customer persona untuk bisnis Anda?
Persona
Persona adalah cara Anda bertindak, apa yang Anda percayai, apa yang Anda katakan, apa yang Anda sukai atau tidak sukai, bagaimana Anda menanggapi suatu hal yang terjadi dan lain sebagainya. Persona bukanlah orang, tapi berkaitan dengan kemauan, tantangan, goal, dan kehidupan pribadi. Karena itu semua adalah faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan.
Pelajari bagaiaman cara mentarget calon customer Anda dengan tepat.
Customer Persona
Sedangkan customer persona adalah representasi fiksi calon pembeli atau pembeli dan pengguna produk yang Anda tawarkan. Representasi fiksi ini dapat berupa profil customer (jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan lain sebagainya), apa yang ia yakini tentang produk yang akan dan sudah dibeli, apa yang disuka dan tidak suka, hingga bagaimana cara menggapai sesuatu dan lain sebagainya.
Baca juga: 6 Kiat Desain yang Baik untuk Iklan di Facebook
Representasi fiksi ini berguna untuk simulasi penerimaan, penggunaan dan evaluasi produk kita baik yang sudah beredar di pasar atau yang belum. Dengan menciptakan customer persona, Anda dapat mengetahui bagaimana cara berinteraksi dengan pelanggan yang karakteristik dan latar belakang yang berbeda-beda. Representasi fiksi ini dapat Anda pahami dengan melakukan analisa terhadap customer.
Informasi dari hasil analisis akan memungknkan Anda untuk mengevaluasi konten dalam rangka meng-engage mereka dan membantu mengidentifikasikan gap di content strategy marketing yang Anda bangun. Bukan hanya itu, customer persona juga memungkinkan Anda untuk menentukan strategi pemasaran, mengembangkan produk baru atau menyempurnakan layanan pelanggan.
Baca juga: Menghasilkan Calon Konsumen dengan Strategi Konten Marketing