efisiensi kerja jarak jauh

Jaga Efisiensi Kerja Jarak Jauh Agar HR Tidak Lost Control!

Efisiensi kerja jarak jauh semakin digalakkan seiring dengan kemunculan Pandemi tahun 2020 yang mengharuskan para karyawan untuk kerja secara daring dan jarak jauh akibat adanya pembatasan aktivitas sosial. Model efisiensi kerja jarak jauh seperti Remote dan Work From Home memang menawarkan fleksibilitas yang lebih besar, namun jika perusahaan tidak mampu mengelola kerja jarak jauh dengan baik, sistem kerja karyawan pasti akan menjadi berantakan.

Kerja jarak jauh atau yang biasa di kenal dengan sebutan Remote Working adalah model sistem kerja dimana karyawan bekerja dari lokasi yang berbeda dengan kantor pusat perusahaan. Model ini menerapkan beberapa jenis kerja seperti bekerja di rumah (Work From Home), bekerja di Coworking Space hingga bekerja di luar negeri.

Efisiensi kerja jarak jauh memiliki beberapa manfaat seperti fleksibilitas lokasi tempat kerja, tercapainya keseimbangan kerja-hidup, mengefisiensikan waktu dan produktivitas meningkat karena berkurangnya gangguan yang biasanya di alami ketika karyawan bekerja di perusahaan, sehingga beberapa individu merasa lebih fokus.

Lalu, bagaimana strategi efisiensi kerja jarak jauh yang benar agar kerja jarak jauh dapat di lakukan dengan efektif dan produktif serta tim Human Resource tidak menjadi lost track akan karyawan-karyawan mereka yang sedang menjalani Remote Working? Simak ulasannya di bawah ini.

Efisiensi Kerja Jarak Jauh dengan Komunikasi yang Jelas

Kunci pertama untuk efisiensi kerja jarak jauh adalah komunikasi yang jelas. Perusahaan perlu mendefinisikan dengan jelas harapan terkait tugas, tenggat waktu dan standar kualitas dari pekerjaan para karyawan. Ini juga termasuk menggambarkan apa yang diharapkan dari karyawan dalam hal produktivitas, responsivitas dan hasil kerja. Dengan pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan, karyawan akan lebih mampu memenuhi ekpektasi perusahaan.

Menggunakan Alat Kolaborasi Digital

Mengatur kerja jarak jauh memerlukan akses yang baik ke alat kolaborasi digital. Perusahaan harus memastikan bahwa karyawan memiliki perangkat dan perangkat lunak yang diperlukan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif. Ini mencakup alat konferensi video, pesan instan, sistem manajemen tugas, dan platform berbagi dokumen. Dengan alat ini, karyawan dapat tetap terhubung dan berkolaborasi dengan rekan kerja meskipun berjauhan.

Memberikan Pelatihan Terkait Kerja Jarak Jauh

Efisiensi bekerja jarak jauh memerlukan keterampilan khusus. Perusahaan harus menyediakan pelatihan kepada karyawan tentang cara mengatur waktu, mengelola proyek, dan berkomunikasi secara efektif saat bekerja dari jauh. Ini akan membantu karyawan mengembangkan kompetensi yang diperlukan untuk bekerja secara mandiri dan produktif.

Penilaian Berdasarkan Kinerja, Bukan Waktu

Salah satu kesalahan umum dalam mengatur kerja jarak jauh adalah menilai karyawan berdasarkan berapa lama mereka duduk di depan komputer. Sebaliknya, perusahaan seharusnya lebih memfokuskan penilaian karyawan pada hasil kerja dan pencapaian tujuan. Ini akan mendorong karyawan untuk fokus pada kualitas dan produktivitas daripada hanya memenuhi jam kerja.

Mengelola Stres dan Kesejahteraan Karyawan

Kerja jarak jauh dapat menciptakan stres tambahan karena perubahan lingkungan kerja. Oleh karena itu, perusahaan harus memprioritaskan kesejahteraan karyawan sebagai bagian dari efisiensi kerja jarak jauh. Ini mencakup memastikan bahwa karyawan dapat mengakses sumber daya dukungan kesejahteraan mental dan fisik. Dukungan ini dapat mencakup konseling, program kesehatan, atau akses ke fasilitas kebugaran.

Mengembangkan Kebijakan yang Mendukung Kerja Jarak Jauh

Perusahaan juga harus mengembangkan kebijakan yang mendukung kerja jarak jauh untuk efisiensi kerja jarak jauh. Ini mencakup aspek hukum, seperti peraturan upah dan jam kerja, serta kebijakan yang mencakup aspek-aspek lain seperti perlindungan data dan keamanan informasi.

Dalam mengatur efisiensi kerja jarak jauh, penting bagi perusahaan untuk mengkombinasikan seluruh strategi-strategi efisiensi kerja jarak jauh dengan baik agar kualitas hasil kerja tetap tinggi meski karyawan bekerja di luar kantor.

Kombinasi dari komunikasi yang jelas, teknologi yang baik, pelatihan yang relevan, dan dukungan kesejahteraan akan membantu perusahaan dan karyawan mencapai kesuksesan dalam lingkungan kerja jarak jauh yang semakin populer.

Dapatkan informasi terbaru seputar Human Resource dan MSDM hanya di TUW Create Innovative Leader. Jangan lupa juga untuk mengikuti kelas eksklusif kami bersama BNSP di kelas Sertifikasi Human Resource Manager bersertifikasi negara dari BNSP. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Post a Comment