Kunci Karyawan Tetap Produktif, Meski Kerja Fleksibel

Kunci karyawan tetap produktif saat ini berkiblat pada tren Flexible Working atau bekerja secara fleksibel. Bekerja secara fleksibel telah menjadi tren yang semakin populer di lingkungan kerja saat ini, apalagi semakin banyak perusahaan yang memiliki karyawan dari generasi milenial.

Fleksibilitas kerja menjadi kunci karyawan tetap produktif yang baru meskipun mereka bekerja dimanapun dan kapanpun. Dengan fleksibilitas kerja, karyawan diberikan kebebasan untuk mengatur waktu dan tempat kerja sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi mereka.

Ada beberapa jenis fleksibilitas kerja yang diterapkan perusahaan saat ini seperti Work From Home, Hybrid Working, Remote Working hingga Work From Anywhere dimana karyawan dapat bekerja dimanapun mereka berada, asalkan pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Work From Anywhere menjadi sistem kerja bagi karyawan yang menginginkan fleksibilitas dengan tetap mengedepankan produktivitas kerja sehingga hasil pekerjaan dapat tetap sesuai dengan harapan perusahaan. Sistem kerja ini mengandalkan kemandirian dan inisiatif dari karyawan untuk menepati target kerja mereka. Apalagi kini teknologi yang semakin canggih telah banyak membantu karyawan dalam melakukan sistem kerja fleksibel seperti ini.

Meskipun begitu, banyak perusahaan yang ragu apakah Work From Anywhere bisa jadi kunci karyawan tetap produktif dalam bekerja walaupun dalam posisi jarak jauh.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan perusahaan sebelum mereka menyepakati sistem bekerja secara fleksibel kepada para karyawan. Ini dilakukan agar fleksibilitas kerja bukan hanya menguntungkan pihak karyawan saja, namun juga bisa menjadi kunci karyawan tetap produktif bekerja di era digitalisasi saat ini.

Karena disebut menantang, berikut adalah hal-hal yang bisa perusahaan lakukan sebelum menerapkan sistem Work From Anywhere dan agar sistem ini dapat menjadi kunci karyawan tetap produktif dalam bekerja dimanapun. Simak ulasannya di bawah ini.

Beri Pemahaman Akan Tugas dan Tanggung Jawab

Agar bisa menjadi kunci karyawan tetap produktif, maka sebelum menerapkan sistem bekerja secara fleksibel, perusahaan dapat memberikan pemahaman yang jelas tentang tugas dan tanggung jawab mereka. Hal ini dapat membantu mereka untuk fokus pada prioritas pekerjaan dan mengelola waktu dengan efektif.

Atur Jadwal dengan Tepat

Selanjutnya adalah menentukan jadwal yang teratur dan konsisten juga dapat membantu karyawan dalam menerapkan fleksibilitas kerja dengan tepat sehingga mampu menjadi kunci karyawan tetap produktif meskipun mereka bekerja dalam jarak jauh.

Dalam bekerja secara fleksibel, penting untuk menetapkan batas waktu kerja yang jelas agar tidak terjadi tumpang tindih antara waktu kerja dan waktu pribadi.

Tetap Bangun Komunikasi Meski Jarak Jauh

Komunikasi yang terbuka dan efektif sangat penting dalam bekerja secara fleksibel. Karyawan harus tetap terhubung dengan rekan kerja dan atasan mereka melalui saluran komunikasi yang sesuai seperti email, telepon, atau aplikasi pesan instan.

Komunikasi adalah salah satu kunci karyawan tetap produktif yang paling penting karena komunikasi yang jelas dan responsif membantu menjaga kolaborasi dan koordinasi yang diperlukan dalam pekerjaan.

Berikan Waktu yang Seimbang Antara Kerja dan Istirahat

Meskipun bekerja dengan fleksibel, bukan berarti karyawan jadi lupa untuk menyeimbangkan waktu antara kerja dan istirahat. Tetap hormati waktu libur mereka saat pekerjaan yang di delegasikan sudah selesai dikerjakan dan diserahkan.

Mengatur waktu istirahat secara teratur, melibatkan diri dalam aktivitas relaksasi, dan menjaga pola tidur yang sehat adalah faktor penting untuk menjaga energi dan fokus selama bekerja jadi jangan sampai Anda sebagai HR lupa akan hal ini.

Kunci karyawan tetap produktif meski bekerja secara fleksibel salah satunya didukung dengan pengaturan batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dengan baik. Pastikan karyawan memiliki waktu istirahat dan waktu pribadi yang seimbang dengan waktu bekerja mereka.

Disiplin dan Pengelolaan Waktu yang Baik

Kunci karyawan tetap produktif yang tak kalah penting lainnya adalah kedisiplinan dan manajemen waktu yang baik.

Fleksibilitas kerja membutuhkan kedisiplinan dan kemampuan pengelolaan waktu yang baik. Karyawan perlu memiliki kemampuan untuk mengatur prioritas, menghindari prokrastinasi, dan mengelola waktu dengan efektif agar dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat waktu.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan, tim Human Resource dan manajemen sebelum menerapkan sistem Work From Anywhere atau fleksibilitas kerja agar kunci karyawan tetap produktif bisa tercapai meski bekerja secara fleksibel.

Ikuti selalu perkembangan informasi dan tips seputar Human Resource yang up-to-date hanya di Master Kinerja. Jangan lupa untuk ikuti juga pelatihan eksklusif bersertifikasi negara, Sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP dan Master Kinerja. Klik disini untuk daftar di batch 10 bulan ini.

Post a Comment