Mengenal Strategic Human Resource Management
Strategic Human Resource Management itu menjadi hal yang memang sangat penting untuk bisa memaksimalkan manajemen tersebut. Strategi dibutuhkan agar karena pengelolaan sumber daya manusia yang memang sangat penting dan juga akan bisa menentukan apakah perusahaan akan berhasil atau tidak.
Dengan strategi yang tepat, maka Human Resource Management itu akan bisa dimaksimalkan potensialnya itu seperti apa. Dan berikut ini kami akan jelaskan mengenai strategi tersebut sebenarnya apa dan juga bagaimana untuk mempergunakan strategi tersebut.
Pengertian Strategic Human Resource Management
Jadi strategic Human Resource Management itu adalah sebuah penyusunan strategi yang memang konsisten dengan tujuan bisnis dan meningkatkan kinerja bisnis. Strategi ini memang sangat menekankan pada betapa pentingnya keberadaan dari karyawan dan HRD pada sebuah perusahaan. Jadi HRD inilah yang menjelaskan tujuan perusahaan dengan menggunakan Strategic Human Resource Management ini.
Aspek Dalam Strategic Human Resource Management
Penerapan strategi itu memang semata-mata memang dipergunakan untuk bisa mencapai tujuan atau target dari perusahaan. Dan dalam strategi sendiri ada beberapa aspek yang mesti diperhatikan demi mendapatkan jalan menuju tujuan dari perusahaan itu. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa aspeknya itu yang mungkin tidak banyak diketahui orang.
1. Membangun Komunikasi
Komunikasi adalah salah satu aspek yang memang sangat penting dalam sebuah human resource management, komunikasi antara karyawan dan perusahaan. Karena komunikasi yang baik antara perusahaan dengan karyawan itu akan meminimalisir terjadinya konflik dan juga bisa mengembangkan perusahaan. Iklim kerja pun jadi positif apabila ada komunikasi yang baik yang terjalin antara karyawan dan juga dengan perusahaan.
2. Menempatkan Karyawan Di Posisi Yang Tepat
Aspek yang kedua adalah soal penempatan posisi karyawan, ini memang menjadi salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Karena memang karyawan dengan kemampuan yang tepat pada posisi yang tepat itu akan membuat hasil kinerjanya itu baik. Dan hal itu yang akan membuat bisnis jadi lebih cepat berkembang, jadi ini adalah aspek yang penting
3. Memastikan Dan Menyediakan Kebutuhan Para Karyawan
Aspek yang ketiga adalah soal kebutuhan karyawan, di mana harus ada kepastian soal kebutuhan karyawan itu sudah tersedia. Kebutuhan itu biasanya mulai dari gaji, jaminan kesehatan atau asuransi dan juga hak untuk mengambil cuti. Dengan memenuhi semua kebutuhan tersebut, maka kemungkinan produktivitas karyawan akan jadi jauh lebih baik.
4. Mengecek Kedisiplinan
Aspek berikutnya adalah kedisiplinan dari para karyawan, karena memang kinerja karyawan tidak selalu baik dan produktif. Kalau tidak disiplin tentunya akan berpengaruh sekali pada perusahaan, perkembangannya dan lain sebagainya. Oleh karena itu harus di cek kedisiplinannya mulai dari absen, kinerjanya dan juga kedatangannya itu sudah disiplin belum.
5. Mengelola Kinerja Efisien
Efisiensi itu adalah mendorong karyawan untuk bisa menyelesaikan beberapa tugas dari beberapa divisi di waktu tertentu. Namun tentunya tetap harus memperhatikan regulasi dan juga undang-undang yang berlaku dan juga kemampuan dari karyawan tersebut.
6. Mengembangkan Ketrampilan Karyawan
Aspek yang terakhir adalah mengembangkan ketrampilan karyawan, agar supaya memiliki kompetensi yang lebih baik. Dengan begitu maka persaingan bisnis akan bisa dikalahkan.
Itulah dia pembahasan mengenai strategic Human Resource Management. Dapatkan artikel lainnya mengenai Human Resource hanya di Master Kinerja. Jangan lupa juga ikuti program training Sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP. Klik disini untuk info lebih detail.