Peran Human Resource Manager Untuk Jalannya Perusahaan yang Baik
Keberadaan Human Resource Manager di dalam sebuah perusahaan menjadi penting karena tugas seorang manager adalah memimpin para anak buah nya untuk membantunya mengontrol jalannya perusahaan dan kinerja dari semua Sumber Daya Manusia yang ada di perusahaan.
HR Manager harus memiliki kecakapan khusus dan gesit dalam memutuskan hal apapun. Tugas nya bukan hanya menuntun para anggota divisi di bidang personalia untuk bisa melakukan pekerjaan dan tanggung jawabnya dengan baik namun juga harus mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman bagi semua karyawan.
Untuk mencapai hal tersebut, seorang HR Manager harus dapat memahami tugas dan peran nya dengan baik. Lalu apa saja peran dari seorang Human Resource Manager? Baca artikel ini sampai habis ya!
Jadi Penghubung Manajemen dan Karyawan
Seorang HR Manager bertanggung jawab untuk bisa menyampaikan apa yang menjadi konsen utama manajemen untuk pertumbuhan perusahaan, kemudian mengkomunikasikannya kepada para anggota divisi HRD yang kemudian nantinya divisi HRD akan menyampaikannya kepada semua karyawan.
HR Manager harus dapat menampung, menyampaikan kemudian mengkomunikasikan kembali apa yang diinginkan oleh kedua belah pihak, dalam hal ini manajemen dan karyawan. Sehingga karyawan dapat melakukan tugasnya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan dan hasil akhirnya, goals perusahaan pun dapat dicapai bersama-sama.
Sebagai Pengelola Sumber Daya Manusia di Perusahaan
Mengelola Sumber Daya Manusia di dalam perusahaan adalah tugas dari seorang Human Resource Manager. HR Manager harus mampu memastikan seluruh karyawan bekerja secara efektif dan produktif. Selain itu, HR Manager harus mampu berpikir strategis selaras dengan perkembangan teknologi saat ini.
HR Manager harus dapat mengembangkan sistem Human Resource di perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang ada, seperti misalnya saat ini yang tengah digalakkan adalah penerapan Human Resource Information System (HRIS).
Melakukan Evaluasi Terhadap Kepuasan dan Kinerja Karyawan di Perusahaan
Evaluasi pada seluruh karyawan dan divisi biasanya dilakukan pada jangka waktu tertentu seperti akhir tahun. Divisi HRD biasanya akan memberikan kuesioner atau memanggil setiap karyawan untuk ditanya tentang bagaimana kinerja yang sudah mereka lakukan dan berikan untuk kemajuan perusahaan, serta menanyakan tingkat kepuasan mereka selama bekerja di perusahaan.
Setelah itu, tugas seorang Human Resource Manager disini adalah mereview seperti apa kinerja dan tingkat kepuasan dari seluruh karyawan, bagaimana feedback yang diberikan karyawan untuk rencana tahun selanjutnya. Kemudian, HR Manager akan mengidentifikasi dan merancang strategi untuk upaya perbaikan di tahun selanjutnya.
Itulah dia peran dari seorang HR Manager yang harus dipahami oleh Anda jika Anda akan menjabat pada posisi ini. Ingin semakin handal dalam melakukan peran HR Manager? Ikutilah program sertifikasi bersama Master Kinerja, Sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP. Informasi lebih lanjut, klik link ini
Perbaharui juga selalu informasi Anda terkait Human Resource dan Bisnis di Master Kinerja.