Rahasia Jadi HRBP Strategis, Dongkrak Daya Saing Perusahaan!

Jadi HRBP Strategis rupanya belum banyak diketahui dan diminati oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang tertarik bekerja di dunia Human Resource. Kebanyakan kandidat hanya mengetahui lingkup Human Resource sebatas bagian HR Staff, HR Supervisor dan HR Manager.

Padahal, ada satu bagian lagi yang belum banyak orang tahu. Padahal tugas dan tanggung jawab nya sangat penting untuk mendongkrak daya saing perusahaan, lho. HRBP atau Human Resource Business Partner yang sempat tak diketahui banyak orang justru kini eksistensi nya tengah menjadi tren dan menjadi perbincangan di banyak kandidat pelamar kerja.

Jadi HRBP Strategis awalnya dimulai dari keresahan manajemen perusahaan akan fungsi dan kedudukan Human Resource Department yang kini dianggap kurang memiliki peran dan kontribusi bagi perusahaan. Human Resource dianggap terlalu terpaku pada prosedur birokrasi dan hal-hal bersifat administrasi saja, sehingga banyak professional Human Resource mengemukakan perlu adanya perubahan peran di lingkup Human Resource untuk memberikan nilai lebih kepada stakeholders.

Beberapa praktisi dan akademisi HR juga setuju untuk melakukan rekonseptualisasi atas peran HR di perusahaan sehingga selain melakukan tugas dan tanggung jawab umumnya seorang HR, mereka juga bisa menjadi mitra strategis bahkan konsultan bagi para manager senior yang nantinya akan bermanfaat untuk peningkatan daya saing perusahaan.

Dari sinilah, kini muncul istilah bagian baru di dalam Human Resource yang disebut Human Resource Business Partner atau HRBP. HRBP merupakan sebuah peran baru yang ada di lingkup Human Resource dimana bidang ini menghubungkan konteks bisnis dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk jadi HRBP strategis pun seorang HR Manager atau HR Professional bukan hanya menciptakan dan mengontrol kinerja seluruh pihak di perusahaan, tetapi juga menjadi mitra bisnis atau konsultan dari segi aspek Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan organisasi.

Selain itu, sesuai dengan nama nya, jadi HRBP strategis juga harus mampu mengembangkan strategi atau pendekatan-pendekatan yang dapat berperan untuk pencapaian tujuan organisasi, menciptakan kapabilitas dari SDM di perusahaan serta merencanakan pengelolaan karyawan (upskilling).

Sekarang, apakah Anda bertanya-tanya skill apa saja yang dibutuhkan untuk jadi HRBP strategis yang mumpuni? Baca artikel ini sampai habis dan temukan jawabannya!

Up-To-Date Akan Perkembangan HR

Selain kemampuan manajemen, Anda juga harus memiliki keinginan untuk terus meng-update tren apa saja yang ada di lingkup Human Resource dan SDM. Sehingga, dengan ini, Anda akan lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan sehari-hari di dunia Human Resource, dan Anda juga bisa mempersiapkan rencana-rencana kedepan sehingga perusahaan Anda akan jauh lebih unggul dari kompetitor.

Dengan terus memperbarui informasi di lingkup Human Resource dan SDM, Anda juga akan lebih siap dalam menghadapi berbagai permasalahan yang mungkin harus di hadapi oleh perusahaan di masa depan.

Skill Komunikasi Itu Penting!

Yang kedua adalah skill komunikasi. Komunikasi menjadi soft skill yang paling penting untuk mendukung keterampilan lainnya. Untuk jadi HRBP Strategis, Anda harus menjadi seorang praktisi HR yang juga dapat berperan baik sebagai komunikator dan negosiator yang kompeten.

Seperti yang sudah di jelaskan di awal, tugas dari seorang HRBP professional selain melakukan tanggung jawab administrasi, Anda juga harus bisa menjadi penghubung mitra bisnis yang baik. Sehingga, skill komunikasi menjadi sangat penting untuk Anda kuasai karena Anda harus bisa bekerja sama dengan berbagai unit bisnis, dan Anda juga harus bisa memfasilitasi komunikasi antara organisasi atau manajemen dan karyawan di dalam perusahaan.

Dengan skill komunikasi, Anda bisa jadi HRBP strategis karena dapat melakukan menjembatani berbagai pihak dengan skill komunikasi yang efektif dan mengembangkan hubungan dengan para pembuat keputusan.

Analisis Data dan Manajemen

Rahasia jadi HRBP strategis yang ketiga adalah Anda harus dapat menganalisis data dan melakukan berbagai penyelesaian masalah menggunakan hasil analisis data yang Anda lakukan. Pada beberapa kebutuhan, Anda juga diharuskan untuk menjadi pembuat keputusan (decision maker), maka dari itu, Anda harus mampu memahami data dari karyawan maupun dari organisasi, sehingga Anda dapat menentukan keputusan yang baik dan tepat untuk semua pihak.

Selain analisis data, kemampuan manajemen juga wajib untuk Anda kuasai jika ingin jadi HRBP strategis. Mulai dari manajemen karyawan, manajemen waktu hingga disiplin diri sangat dibutuhkan oleh Anda. Belajarlah untuk mengelola waktu Anda dan jadilah pribadi yang disiplin, karena kedisiplinan Anda harus menjadi contoh baik bagi karyawan yang ada di perusahaan.

Paham dan Mampu Melihat Peluang Pasar

Terakhir, jadi HRBP strategis juga harus mampu memahami bisnis dan selera pasar saat ini. Karena jadi HRBP strategis berbicara tentang mitra bisnis, maka Anda sebagai HRBP harus secara proaktif mencari tahu tentang apa yang sedang terjadi di dunia bisnis, melihat apakah ada peluang atau tidak.

Dengan begini, Anda bisa jadi HRBP strategis yang mampu membaca peluang dan selanjutnya, Anda bisa merencanakan strategis bisnis dengan manajemen sehingga kelak, Anda dapat berperan untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Itulah dia rahasia skill-skill yang harus Anda kuasai jika Anda ingin jadi HRBP strategis yang profesional dan berkualitas. Perbaharui informasi terbaru seputar Human Resource hanya di Master Kinerja. Jangan lupa juga ikuti pelatihan eksklusif bersertifikasi BNSP di Sertifikasi Human Resource Manager bersama Master Kinerja dan BNSP. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Post a Comment