Teknik Closing Penjualan yang Efektif
Menjadi seorang sales marketing tentunya teknik closing penjualan yang efektif merupakan sesuatu yang utama. Banyak teknik yang telah dibahas oleh para sales yang telah lama berprofesi sebagai sales marketing, mulai dari teknik bertanya, diskon, perbandingan produk dan sebagainya. Ini lah 4 teknik closing yang efektif digunakaan pada saat berhadapan dengan customer.
Teknik mengarahkan pikiran
Teknik mengarahkan pikiran ini bisa dilakukan dengan cara membandingkan produk Anda dengan produk yang lain. Dengan memberikan perbandingan keuntungan dan kerugian dari suatu produk, maka peluang terjadinya closing pasti akan lebih tinggi.
Teknik memberi diskon pada waktu tertentu
Teknik yang kedua ini mengharuskan kosumen melakukan pembelian secepatnya jika tidak ingin kehilangan diskon. Berbagai macam cara untuk menerapkan teknik ini bisa dengan pembuatan spanduk promosi atau beriklan di facebook atau sosial media lainnya. Hal tersebut akan memberikan rangsangan secara tidak sadar terhadap konsumen.
Teknik harga yang kelihatan lebih murah
Salah satu sifat pembeli adalah ingin sesuatu yang praktis, sehingga jika dihadapkan pada perbandingan harga yang relatif lebih murah dengan kualitas yang sama, maka konsumen akan cenderung memilih yang lebih murah walaupun kenyataannya harganya sama atau bahkan lebih mahal.
Teknik bingung memberi potongan harga yang pas
Teknik jenis ini bisa disebut dengan teknik closing kalkulator. Jika konsumen sudah mulai menawar artinya konsumen tersebut sudah tertarik dengan produk Anda. Kalau sudah seperti itu, jangan sampai Anda melepas mangsa dengan menerapkan teknik closing kalkulator, pura-pura mencari potongan harga yang pas untuk konsumen tersebut. Tujuannya adalah untuk meyakinkan konsumen bahwa mereka berhasil menawar produk Anda dengan harga yang sesuai dengan keinginan mereka. Sehingga closing pun bisa tercapai dengan menggunakan teknik seperti ini.
Itulah 4 teknik closing dalam sales saat menjual sebuah produk atau jasa yang bisa diterapkan. Anda juga harus ingat bahwa seni mempengaruhi emosi seseorang untuk melakukan pembelian produk. Sehingga saat Anda menjalankan teknik closing jangan sampai Anda melakukan hal yang bisa menyinggung calon konsumen Anda, baik itu dalam hal ucapan, raut wajah ataupun tindakan.