Tips Berkomunikasi dengan Client

1. Ciptakan kesan pertama yang bagus

Ciptakan kesan pertama yang baik, tidak aka nada kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama kepada client. Kesan ini dapat diciptakan melalui senyuman tulus, pakaian yang sesuai, jabatan tangan yang hangat, ketepatan waktu saat janjian, bahasa tubuh yang sopan, jujur dan terstruktur saat bicara dengan client Anda.

2. Gunakan kalimat yang singkat

Para komunikator tidak dianjurkan untuk menggunakan kata-kata yang rumit dan bertele-tele supaya tidak mengaburkan arti pesan dan juga bisa melelahkan pendengaran client Anda. Bahkan bisa terjadi kesalahpahaman jika Anda menggunakan kata-kata yang digunakan terlalu rumit.

3. Keep smile

Senyuman itu dapat menular kepada client Anda, seperti cermin. Jika Anda tersenum, client Anda pun pasti juga balas tersenyum.

Baca juga: Teknik Closing Penjualan yang Efektif

4. Be helpful

Kesediaan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh client kapanpun mereka membutuhkannya, maka Anda sebagai sales wajib untuk membantu client Anda dengan sepenuh hati.

5. Gunakan kalimat positif

Client mengharapkan kalimat yang positif karena rangkaian kata ini akan membuat client Anda optimis, semangat, dan percaya untuk bekerja sama dengan Anda.

6. Biarkan mata berbicara

Client akan lebih merasa nyaman bila tatapan mata hormat dan sopan ditampilkan kepada client Anda.

7. Bersikaplah jujur dan tulus

Kejujuran dan ketulusan walaupun tidak bersuara dan berbentuk, sikap tulus dan jujur Anda kepada client akan terlihat jelas melalui guratan wajah dan gerak gerik Anda.

8. Keep your emotion

Para sales people tidak boleh terpancing emosi negative saat ada keluhan atau complain yang diungkapkan oleh client Anda. Setiap sales yang profesional harus bisa menahan emosi dan egonya.

9. Jaga attitude Anda

yang paling penting dan bernilai bagi client Anda bukanlah konstruksi atau dekorasi luar seseorang. Melainkan yang ada di dalam diri Anda lah yang jauh lebih menentukan nilai pribadi seseorang, dengan bagaimana Anda memperlakukan dan malayani client Anda dengan baik.

Selebihnya client Anda akan senang dan nyaman berkomunikasi dengan Anda.

Baca juga: 4 Strategi Jual Beli supaya Sukses

Post a Comment