Tugas dan Wewenang Human Resource Development
Human Resource Development, apa itu? Bagian yang biasa disingkat dengan HRD ini adalah salah satu departemen yang memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh karyawan pada suatu perusahaan. Sehingga departemen ini bisa disebut sebagai departemen terbaik karena sebenarnya memahami segala tugas yang harus dikerjakan yang oleh karyawan.
Pada dasarnya Human Resource Development ini merupakan bagian dari department HR, namun bedanya ada di tugas yang harus diemban oleh HR development.
Apa saja tugas yang haru diemban oleh bidang yang satu ini? Baca artikel ini hingga selesai ya.
Melakukan Rekrut Karyawan
Tugas yang dimiliki oleh Human Resource Development adalah rekrut karyawan. Rekrut ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan karyawan yang ada dalam sebuah perusahaan. Dalam prosesnya sendiri pun tidak bisa main-main karena bisa saja mendapatkan karyawan yang kurang kompeten hanya karena tidak serius dalam melakukan rekrutmen. Sehingga sebagai seorang HR development harus bisa melakukan seleksi yang tepat.
Selain itu karena merupakan jabatan yang penting, maka hanya orang-orang yang berkualifikasi yang bisa mengisi posisi satu ini. Kebutuhan utama untuk bisa mengisi posisi di bagian HRD biasanya berkaitan dengan sumber daya manusia.
Melakukan Pengawasan Karyawan
Setelah direkrut, maka tugas Human Resource Development adalah melakukan pengawasan. Pengawasan ini harus dilakukan untuk memastikan apakah karyawan yang di rekrut sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan. Alhasil jika pengawasan dilakukan dengan tidak baik akan sangat merugikan perusahaan.
Namun pengawasan yang sangat ketat pun akan membuat karyawan tidak nyaman dan menyebabkan adanya proses rekrutmen secara terus menerus. Sehingga bisa yang bisa dipastikan adalah melakukan pengawasan yang tidak terlalu mencolok namun harus bisa menggambarkan potensi karyawan yang sedang diamati.
Pemberian Kompensasi dan benefit
Hal ini merupakan hak dari semua karyawan dan Human Resource Development bertanggung jawab untuk mengelola serta memberikannya.
Oleh karena itu dalam proses rekrut tidak bisa sembarangan karena harus mengetahui budget yang tersedia untuk kompensasi dan benefit sekaligus kebutuhan di lapangan. Ada kalanya kebutuhan di lapangan sangat tinggi namun budget sedang terbatas. Hal itulah yang membuat HR development harus bisa memecahkan masalah tersebut.
Hal lainnya yang berkaitan dengan kompensasi dan benefit adalah cara komunikasi. Terkadang ada karyawan yang merasa kompensasi dan benefit tidak sesuai sehingga akan berkomunikasi ke HR. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi termasuk kemampuan yang penting dan harus dikuasai oleh seorang HR development.
Pengembangan Diri dan Karier Karyawan
Pengembangan diri dari karyawan harus diperhatikan oleh Human Resource Development. Hal ini bertujuan untuk membuat karyawan menjadi lebih update dengan banyaknya pembaruan. Hal ini akan sama – sama menguntungkan karyawan dan perusahaan. Sehingga hal ini harus diurus dengan baik oleh bidang HR development.
Kemudian pengembangan karier juga harus diperhatikan. Jangan sampai salah promosi dan melakukan mutasi. Hal ini akan mengganggu pekerjaan dan dapat menyebabkan perusahaan mendapatkan rugi.
Jadi bisa disimpulkan jika bidang HRD ini adalah bidang yang memiliki banyak tantangan jika dilihat dari tugas yang dimiliki. Namun jangan khawatir, bidang ini bekerja secara tim dan individu.
Kunjungi website Master Kinerja untuk dapatkan informasi terupdate tentang Human Resource, bisnis dan Leadership. Ikuti juga program training Sertifikasi Human Resource Manager bersama BNSP. Informasi lebih lanjut, klik disini