3 Hal yang Perlu Dipelajari untuk Membangun Tim yang Solid

Membangun sebuah tim yang solid tentu menjadi sebuah tantangan bagi seorang pemimpin. Menyatukan banyak hati, pemikiran, dan persepsi untuk menyelesaikan pekerjaan yang sama. Karena dalam sebuah tim terdapat banyak jenis dan tipe orang yang berbeda. Disisi lain hal tersebutlah yang menjadi seni dari sebuah hubungan tim yang solid.

Kemampuan dari masing-masing anggota dan juga pemimpin tim untuk dapat menyatukan perbedaan adalah yang harus dimiliki dan dilakukan. Oleh karena itu baik pemimpin ataupun anggota tim harus tahu apa saja yang perlu dipelajari dan dilakukan untuk membangun sebuah tim yang solid. Berikut 3 hal yang perlu dipelajari untuk membangun sebuah tim yang solid:

1. Gaya Komunikasi

Anda tentu saja sudah tahu bahwa setiap orang memiliki gaya berkomnukasi mereka masing-masing. Perbedaan seperti ini yang sering membuat penyampaian informasi tidak selesai dengan baik. Tim yang solid harus mampu saling memgerti bagaimana gaya komunikasi antar anggota tim. Hal ini juga dikhususkan untuk pemimpin tim. Mereka harus tahu dan paham bagaimana gaya komunikasi dari setiap anggota tim. Tujuannya adalah untuk memudahkan menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama baik dalam diskusi maupun praktek kerja.

Baca juga: 5 Cara Efektif Tingkatkan Motivasi Karyawan

2. Memahami Tipe Kepribadian untuk Membagi Peran

Selain cara berkomunikasi, setiap orang juga memiliki kelebihannya sendiri, salah satunya yaitu memiliki tipe kepribadian yang berbeda. Faktor perbedaan kepribadian ini yang dapat membuat sebuah tim menjadi solid atau tidak. Kemampuan masing-masing orang untuk mengerti bagaimana kepribadian mereka dan teman mereka juga akan membantu kelancaran komunikasi dalam tim.  Sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus bisa mengetahui bagaimana tipe kepribadian dari masing-masing karyawan atau anggota tim Anda. Jika Anda sudah memahami setiap kepribadian anggota tim, Anda dapat membagi mereka dalam peran yang kelak membuat mereka berkebang dalam pekerjaan yang mereka lakukan.

3. Keseimbangan Antara Tugas dan Kesenangan

Tim tidak hanya sekedar mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama, memikul beban dan saling berbagi tugas. Tapi tim juga tempat bagaimana setiap orang dapat berbagi kebahagiaan dan kesenangan dengan yang lain. Dalam satu tim kerja, perlu adanya keseimbangan antara tugas dan kesenangan yang didapatkan oleh masing-masing anggota tim. Mereka harus saling mengerti bagaimana menciptakan suasana yang harmonis dan menyenangkan dalam komunikasi tim yang solid. Ini akan membantu setiap tim dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada dan mengatasi setiap permasalahan yang muncul di dalam sebuah tim. Setiap anggota tim harus saling memberikan dukungan kepada yang lain, agar bisa saling membantu dalam menyelesaikan tugas.

Baca juga:

Post a Comment