3 Strategi Cerdas yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Copywriting

Copywriting itu sebenarnya sebuah teknik untuk menghasilkan tulisan yang membuat para pengunjung website memberikan respon yang kita inginkan, dan tulisan ini disebut dengan copy. Copy itu dibuat agar pembaca mulai membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang Anda inginkan dari tulisan Anda.

Baca juga: 4 Copywriting Mindset yang Perlu Dipahami

Berikut 3 strategi cerdas yang perlu diketahui sebelum membuat copywriting:

1. Riset Buyer Persona

Apa itu buyer persona?

Buyer persona adalah perwakilan rata-rata siapa saja yang paling mungkin untuk membeli produk Anda atau menggunakan jasa Anda.

Anda harus melakukan pendataan terhadap pengunjung Anda seperti jenis kelamin, umur, status dan pekerjaan, permasalahan utama dan solusi yang mampu diberikan dengan produk atau jasa Anda.

Itulah buyer persona Anda.

Pelajari formula TUW yang mampu menghipnotis customer Anda dengan tulisan yang menjual.

2. Gunakan Formula TUW

(Formula) TUW adalah formula yang sangat efektif digunakan pada alat pemasaran, salah satunya adalah landing page.

Tidak mudah menulis copy di landing page. Berbeda sedikit saja strukturnya bisa berakibat penawaran Anda tidak menarik.

Apa itu (Formula) TUW?

Kita akan coba pelajari satu persatu

Baca juga: Cara Jitu Tingkatkan Open Rates Email Marketing Anda 

Trust

Copy yang Anda buat harus menarik perhatian audiens dan membuatnya percaya terhadap penawaran iklan Anda.

Ada tiga elemen yang perlu Anda perhatikan yaitu:

  • Gunakan penawaran yang mampu menangkap perhatian.
  • Tambahkan sweeteners atau pemanis pada penawaran Anda sehingga customer tertarik untuk terus membaca
  • Berikan alasan mengapa customer Anda harus percaya kepada Anda
  • Serta berikan bukti kredibilitas atas produk atau jasa Anda

Baca juga: Di Tahun 2018 Ada Tren baru Content Marketing

Ultimate Value

Copy yang Anda buat harus membuat audiens tertarik pada Anda. Ini adalah tahap selanjutnya setelah Anda mampu mendapatkan kepercayaan pembaca.

Triknya adalah Anda harus mampu memancing ketertarikan dengan studi kasus, fakta, alasan dan lainnya. Serta beri kelangkaan terhadap produk atau jasa Anda atau terhadap ketersediaan tempat. Pembaca akan merasakan limited quantity dan limited time terhadap penawaran Anda, sehingga keinginan pembaca akan lebih kuat untuk memesan produk atau memakai jasa Anda.

Baca juga: Manfaat Copywriting untuk beriklan di Media Sosial

What Are You Waiting For?

Copy yang Anda buat harus dapat mengajak audiens untuk (segera) mengambil tindakan.

Bagian ini sering disebut Call to action (CTA). Sesuai dengan fungsinya, CTA bisa berupa tombol, nomor telepon, atau alamat email. Kemudian ingatkan kembali konsekuensi dan bonus yang didapat (sweeteners), apabila mereka tidak segera membeli atau memesan produk / jasa Anda.

Pelajari bagaimana cara jadi advertiser cerdas yang mampu buat konten juga meminimalisir budget iklan.

3. Manfaatkan Growth Hacking

Growth Hacking adalah teknik marketing untuk menjual produk dan mendapatkan publikasi melalui email marketing, landing page, blog dan media marketing lainnya.

Teknik Growth hacking dapat mempengaruhi calon customer tanpa terlihat ingin mendapatkan apapun dari mereka.

Tujuan dari Growth hacking adalah untuk mendapatkan feedback atau timbal balik.

Baca juga: Cara Mudah Menguasai Teknik Copywriting di Facebook

Post a Comment